Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2020, 16:37 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform Gojek resmi menggandeng berbagai pihak termasuk pemerintah untuk memberikan solusi mendukung UMKM naik kelas melalui inisiatifnya yaitu #MelajuBersamaGojek.

Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan inisiatif ini merupakan upaya ekosistem Gojek membantu UMKM agar lebih mudah menerapkan digitalisasi pada setiap langkah operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order), pembayaran, pengiriman, hingga administrasi.

"Ragam solusi tersebut dapat langsung digunakan oleh semua tipe UMKM, dari yang berskala mikro hingga besar. Kami tahu saat ini adalah masa-masa sulit bagi jutaan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Untuk itu kami bekerja sama dengan banyak pihak khususnya pemerintah dan institusi lainnya yang memiliki misi serupa untuk mendorong UMKM naik kelas," ujarnya dalam diskusi virtual Gojek, Senin (10/8/2020).

Baca juga: Gojek Akan Tebar Promo, Ada Diskon 50 Persen

Selain itu Andre juga menjelaskan ada berbagai inisiatif yang dilakukan Gojek yang diluncurkan melalui fitur aplikasinya seperti Selly, Midtrans Payment Link, GoBiz, Moka, GoSend & Go Box, GoPay, GoFood dan GoShoop.

"Lalu kami juga memiliki layanan lain seperti GoSend & GoBox yang dimana layanan ini untuk pengiriman logistik, GoPay untuk e-wallet, GoFood untuk pesan antar makanan dan GoShop untuk layanan belanja online," jelasnya.

Andre berharap, berbagai inisiatif yang dilakukan Gojek ini, diharapkan bisa mempercepat transformasi UMKM dari bisnis tradisional menjadi usaha digital sehingga UMKM dapat terus berkontribusi positif untuk ekonomi Indonesia.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemenkop & UKM Arif Rahman Hakim, mengatakan dengan bergabungnya para pelaku UMKM ke dalam platform digital, pelaku UMKM diharapkan mampu cepat beradaptasi.

Apalagi pada saat ini tercatat baru ada sebanyak 13 persen atau setara dengan 8 juta pelaku UMKM yang sudah terhubung dengan dunia digital, padahal pemerintah menargetkan di tahun ini harus ada sebanyak 10 juta pelaku UMKM yang terjun ke market digital.

"Melalui peluncuran #MelajuBersamaGojek, saya berharap digitalisasi UMKM akan terus saya dorong mencapai 10 juta UMKM go digital sampai akhir tahun ini sebagaimana ditargetkan pemerintah, semakin banyak solusi-solusi komprehensif yang akan diberikan bagi kemajuan UMKM Indonesia ke depan," katanya.

Dia juga mengatakan pihaknya hingga saat ini masih terus mendorong dan mengajak para pelaku UMKM yang belum bergabung secara online, agar mau memanfaatkan berbagai keunggulan teknologi platform digital seperti Gojek dan platform lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com