Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun Ini, 2 Ruas Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta II Dapat Dilintasi

Kompas.com - 10/08/2020, 21:41 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan dua ruas jalan tol yang masuk ke dalam jaringan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta II (Jakarta Outer Ring Road/JORR) akan beroperasi pada akhir tahun 2020.

Kedua ruas jalan tol itu yaitu Jalan Tol Serpong-Cinere yang dikelola oleh PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) dan ruas Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran yang dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC).

Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya Ayu Widya Kiswari mengatakan, ruas Jalan Tol Serpong-Cinere direncanakan beroperasi fungsional pada bulan Desember 2020.

"Progres pembebasan lahan Jalan Tol Serpong-Cinere secara keseluruhan telah mencapai 92,17 persen sedangkan konstruksinya hingga 30 Juli 2020 telah mencapai 83,33 persen dan diperkirakan dapat difungsionalkan bulan Desember 2020," katanya melalui keterangan tertulis, Senin (10/8/2020).

Baca juga: Ada 15 Jalan Tol Baru yang Akan Diresmikan di 2020

Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 kilometer (Km), terdiri dari dua Seksi, yakni Seksi 1 Serpong-Pamulang (6,59 Km) dan Seksi 2 Pamulang-Cinere (3,55 Km).

Ruas Jalan Tol Serpong-Cinere akan melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere. Jalan tol ini nantinya akan tersambung dengan Jalan Tol Serpong-Kunciran yang sudah lebih dahulu beroperasi serta Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Sementara itu, Direktur PT JKC Agus Suharjanto mengatakan, hingga saat ini, progres pembebasan lahan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran telah mencapai 89,94 persen dan konstruksi mencapai 87,11 persen.

"Direncanakan akhir tahun 2020, seluruh Seksi Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran siap dioperasikan secara fungsional," ungkapnya.

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran dengan panjang 14,19 Km terbagi menjadi empat Seksi, yaitu Seksi I Simpang Susun Kunciran-Underpass Tirtayasa (2,04 Km), Seksi II Underpass Tirtayasa-Underpass Benteng Betawi (3,52 Km).

Selanjutnya, Seksi III di Underpass Benteng Betawi-Underpass Husein Sastranegara (6,57 Km) dan Seksi IV Underpass Husein Sastranegara-Simpang Susun Benda (2,06 Km).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com