Pertamina Pakai Sistem Lelang Jabatan, Semua Karyawan Bisa Daftar Jadi Direksi

Kompas.com - 11/08/2020, 06:33 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. Dok Humas PertaminaDirektur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) menerapkan sistem lelang jabatan dalam rangka mengisi berbagai posisi strategis di perseroan. Langkah tersebut dilakukan guna merealisasikan budaya baru sistem penjenjangan karier karyawan Pertamina.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, saat ini posisi strategis seperti vice president (VP) hingga direksi anak usaha sudah bisa ditempati oleh seluruh karyawan, tanpa perlu menggunakan jenjang karier.

Berbagai posisi strategis yang kosong nantinya akan dilelang dalam aplikasi milik perusahaan pelat merah tersebut. Dengan demikian, seluruh karyawan Pertamina dapat mendaftar posisi lowong tersebut.

"Sekarang kami ada digital apps untuk karier ini kita bidding ini ada posisi VP, posisi manajer, SVP, ada direksi anak usaha," ujar Nicke, dalam sebuah diskusi virtual, dikutip Selasa (11/8/2020).

Baca juga: Ahok: Saya Digaji untuk Menyelamatkan Uang Pertamina

Seluruh karyawan Pertamina yang memenuhi kriteria posisi dilelang, dipastikan Nicke dapat berpartisipasi untuk bersaing dengan karyawan lainnya.

"Kami kasih kesempatan," katanya.

Melalui langkah tersebut, Nicke berharap karyawan-karyawan dengan potensi mumpuni dapat memiliki kesempatan untuk menempati posisi strategis perseroan.

"Memilih milenial dan orang yang kompeten dan punya leadership dan teknikal bagus. Semua online juga di aplikasi," ucapnya.

Beberapa waktu lalu, Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahja Purnama atau Ahok juga menyebutkan, saat ini perseroan sedang memasuki budaya baru.

Budaya baru yang dimaksud ialah memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh jajaran karyawan Pertamina agar dapat menduduki posisi strategis di perseroan.

Baca juga: Ingin Dapat Pinjaman Modal hingga Rp 200 Juta dari Pertamina? Simak Caranya

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X