Menko Airlangga Klaim Indikator Perekonomian Mulai Membaik

Kompas.com - 11/08/2020, 12:25 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020). ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDIMenko Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab pertanyaan wartawan terkait peluncuran situs resmi Kartu Prakerja di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (20/3/2020).
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan beberapa sektor perekonomian telah mengalami perbaikan di bulan Juni 2020.

Ia mengatakan, perbaikan indikator perekonomian meliputi peningkatan purchasing manager index (PMI) manufaktur yang telah mencapai level 46,9 serta Indeks Keyakinan Konsumsi (IKK) yang mengalami peningkatan dari 77 menjadi 83,8.

"Kemudian beberapa sektor emiten membukukan positif, jadi ini dilihat bahwa terjadi bottom out ekonomi nasional. Demikian sektor kendaraan bermotor ada kenaikan dari -82 menjadi -64," ujar Airlangga dalam konferensi video, Jakarta, Selasa (11/8/2020).

Baca juga: Cara Mengelola Keuangan dengan Aman di Tengah Risiko Resesi

Airlangga pun memaparkan, pandemi virus corona (Covid-19) telah memberikan tekanan dan menimbulkan krisis terhadap berbagai aspek di Indonesia. Hal tersebut terjadi tak hanya di sektor kesehatan, namun juga sosial, ekonomi dan keuangan.

Berdasarkan data terakhir, perekonomian Indonesia mengalami kontraksi hingga minus 5,32 persen secara tahunan pada kuartal II-2020.

Airlangga pun menyebut kondisi ekonomi Indonesia jauh lebih baik dibandingkan dengan negara lain di dunia.

"Indonesia relatif lebih baik, sebab negara lain jatuhnya lebih dalam, termasuk Inggris sudah mengalami dua kali resesi, dari -1,7 persen hingga -19,9 persen, Hong Kong dan Singapura jatuh lebih dalam, dan Turki serta Brazil, dan India bahkan minus -18 persen," kata Airlangga.

Baca juga: Persyaratan Lengkap Karyawan Swasta Penerima Subsidi BLT Rp 600.000

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X