Tiga Sektor Usaha Ini Berpeluang Tumbuh Pesat di Tengah Pandemi

Kompas.com - 11/08/2020, 14:58 WIB
Ilustrasi seorang pengusaha makanan rumahan sedang memasak. ShutterstockIlustrasi seorang pengusaha makanan rumahan sedang memasak.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona yang berlangsung lebih dari tiga bulan telah membuat perekonomian nasional tumbuh negatif. Apalagi dampak tersebut langsung menyerang sektor UMKM, yang didominasi masyarakat kelas menengah ke bawah kehilangan pendapatan.

Untuk itu, berbagai program dari pemerintah melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional juga tersedia bagi para pelaku UMKM.

Zakir Machmud, Kepala UKM Center FEB UI menjelaskan, meski di tengah pandemi Covid-19 yang tak pasti ini, masih ada beberapa sektor UMKM yang dapat diandalkan.

Baca juga: Mengapa UMKM Tak Terdampak Krisis 1998? Ini Penjelasannya

“Sektor UMKM yang masih menjadi peluang itu masih ada saat ini dan masih bisa berkembang,” ujar Zakir saat konferensi daring, Selasa (11/8/2020).

Menurutnya ada tiga sektor yang bisa dimanfaatkan di tengah pandemi Covid-19 meliputi sektor makanan, sektor transportasi dan sektor logistik.

"Sektor makanan pasti masih dibutuhkan makanya banyak juga binaan kami yang switch atau expand ke makanan. Itu satu sektor yang bisa berkembang ke depannya," tambah Zakir.

Adapun untuk sektor transportasi dan logistik ini juga berkesinambungan dengan produk makanan. Sebab, makanan merupakan produk yang segar dan tidak dapat dijangkau dengan waktu yang lama. Sehingga untuk mempercepat waktunya perlu logistik dan transportasi.

"Makanan itu tidak bisa melalui digital. Sehingga sektor transpor dan logistik memang bisa berkembang juga atau ada peluang ke depannya," tutupnya. (Venny Suryanto)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Tiga sektor usaha ini berpeluang tumbuh pesat di masa pandemi



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X