Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asosiasi UMKM Respons Positif Langkah Pemerintah Berikan Bantuan Modal Rp 2,4 Juta Per Pengusaha

Kompas.com - 12/08/2020, 13:05 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana akan memberikan bantuan hibah uang tunai langsung senilai Rp 2,4 juta ke pelaku UMKM agar mereka bisa mendapatkan modal kerja.

Menanggapi hal itu Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Muhammad Ikhsan Ingratubun menyatakan program ini sangat disambut baik dan dinilai positif.

"Saya kira ini positif karena tujuan pemerintah memberikan dana ini untuk usaha mikro yang bersifat produksi. Misalnya pelaku UMKM belanja sayur, ada tukang sayur yang ikut terbantu, ada petani sayur juga yang merasakan manfaatnya, jadi usaha yang berada di bawahnya juga ikut terdorong untuk bergerak lagi," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

Baca juga: Pemerintah Cari UMKM Calon Penerima BLT Rp 2,4 Juta

Ikhsan mengatakan dengan terdorongnya para pelaku usaha mikro, ekonomi nasional pada kuartal III tahun ini bisa kembali positif.

Dia berharap proses penyaluran dana ini bisa dilakukan dengan cepat dan proses pencatatan data-data pelaku UMKM yang layak mendapatkan bantuan ini, bisa dilakukan dengan hati-hati agar bisa tepat sasaran.

"Dengan dilakukan penyaluran ini dengan cepat maka diharapkan UMKM kita bisa kembali bergeliat dan membantu ekonomi bangsa ini sehingga pertumbuhan ekonomi kita di kuartal III bisa kembali positif," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com