Asosiasi UMKM Respons Positif Langkah Pemerintah Berikan Bantuan Modal Rp 2,4 Juta Per Pengusaha

Kompas.com - 12/08/2020, 13:05 WIB
Ilustrasi UMKM produksi masker non medis. ShutterstockIlustrasi UMKM produksi masker non medis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana akan memberikan bantuan hibah uang tunai langsung senilai Rp 2,4 juta ke pelaku UMKM agar mereka bisa mendapatkan modal kerja.

Menanggapi hal itu Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Muhammad Ikhsan Ingratubun menyatakan program ini sangat disambut baik dan dinilai positif.

"Saya kira ini positif karena tujuan pemerintah memberikan dana ini untuk usaha mikro yang bersifat produksi. Misalnya pelaku UMKM belanja sayur, ada tukang sayur yang ikut terbantu, ada petani sayur juga yang merasakan manfaatnya, jadi usaha yang berada di bawahnya juga ikut terdorong untuk bergerak lagi," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Rabu (12/8/2020).

Baca juga: Pemerintah Cari UMKM Calon Penerima BLT Rp 2,4 Juta

Ikhsan mengatakan dengan terdorongnya para pelaku usaha mikro, ekonomi nasional pada kuartal III tahun ini bisa kembali positif.

Dia berharap proses penyaluran dana ini bisa dilakukan dengan cepat dan proses pencatatan data-data pelaku UMKM yang layak mendapatkan bantuan ini, bisa dilakukan dengan hati-hati agar bisa tepat sasaran.

"Dengan dilakukan penyaluran ini dengan cepat maka diharapkan UMKM kita bisa kembali bergeliat dan membantu ekonomi bangsa ini sehingga pertumbuhan ekonomi kita di kuartal III bisa kembali positif," jelasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X