BLT UMKM, Teten: Pertengahan Agustus "Kick Off", Ditransfer Langsung ke Penerima

Kompas.com - 12/08/2020, 16:06 WIB
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki berkunjung ke pasar Beringharjo, Yogyakarta, Rabu (5/8/2020). Humas Kemenkop UKM Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki berkunjung ke pasar Beringharjo, Yogyakarta, Rabu (5/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menyatakan, program bantuan langsung tunai Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM akan dimulai pada pertengahan Agustus 2020.

Saat ini pihaknya masih dalam tahap pendataan yang dibantu langsung oleh kepala-kepala dinas di daerah.

"Program ini kira-kira pertengahan Agustus mulai kick off, nantinya para UMKM yang sudah didata oleh kepala-kepala dinas di daerah, dananya akan ditransfer langsung by name by addres ke si penerima," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/8/2020).

Baca juga: Ini Syarat Pelaku UMKM Bisa Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta dari Pemerintah

Menurut Teten, program tersebut ditujukan untuk membantu para UMKM dalam mengakses pembiayaan untuk modal kerja. Dengan begitu para pelaku UMKM bisa kembali beraktivitas.

"Jadi ini semacam hibah modal kerja untuk UMKM yang belum pernah mendapat atau menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan (unbakable). Persisnya akan diberikan ke pelaku usaha mikro nantinya," ucap dia.

Senada, Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah masih dalam tahap pengumpulan data UMKM calon penerima bantuan ini.

"Program ini masih belum bisa dijalankan karena masih harus mengumpulkan data. Otomatis karena ini belum tercatat resmi dan formal, datanya kurang lengkap dan kami masih mencari UMKM mana yang belum mendapatkan akses perbankan untuk bisa diberikan bantuan," katanya.

Baca juga: Erick Thohir: Bantuan Rp 2,4 Juta Per UMKM Disalurkan dalam 1-2 Minggu ke Depan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X