KILAS

Pasca Kebakaran di STO Pekanbaru, Layanan Telkom Area Sumatera Telah Pulih 100 Persen

Kompas.com - 12/08/2020, 16:38 WIB
Logo Telkom Indonesia. DOK. TelkomLogo Telkom Indonesia.


KOMPAS.com - Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengatakan, pasca kebakaran di Sentral Telepon Otomat (STO) Pekanbaru Centrum, layanan mobile Telkomsel untuk area Sumatera telah pulih 100 persen kecuali area Kota Pekanbaru.

Sebagai informasi, peristiwa kebakaran yang diduga berasal dari ruangan perangkat itu terjadi Selasa, (11/07/2020) sekitar pukul 15.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) dan berhasil dipadamkan pukul 15:51 WIB.

"Proses pemulihan tersebut berhasil dilakukan dengan pengalihan trafik melalui by pass sistem transmisi backbone broadband di Pekanbaru dengan memanfaatkan redundant atau kelebihan sistem," katanya di Jakarta (12/08/2020).

Arif mengatakan, redudant itu berada di 7 titik Next Generation Network (NGN) di Sumatera dengan dua sistem transmisi backbone di darat dan 3 sistem backbone kabel laut.

Baca juga: Fakta Gedung Telkom di Pekanbaru Terbakar, Toko Kartu Perdana Laris Manis hingga Keluhan Warga

"Dengan adanya sistem redundant ini, memungkinkan proses pemulihan layanan dapat dilakukan lebih cepat," jelas Arif seperti dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, khusus untuk layanan Telkomsel dan IndiHome area Pekanbaru, Arif mengatakan, pihaknya masih mengupayakan pemulihannya melalui proses reengineering atau mereka ulang jaringan.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan khususnya yang terdampak atas ketidaknyamanan ini,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Arif juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pemulihan layanan pasca kebakaran di STO Pekanbaru Centrum.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X