Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Pasca Kebakaran di STO Pekanbaru, Layanan Telkom Area Sumatera Telah Pulih 100 Persen

Kompas.com - 12/08/2020, 16:38 WIB
Maria Arimbi Haryas Prabawanti,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengatakan, pasca kebakaran di Sentral Telepon Otomat (STO) Pekanbaru Centrum, layanan mobile Telkomsel untuk area Sumatera telah pulih 100 persen kecuali area Kota Pekanbaru.

Sebagai informasi, peristiwa kebakaran yang diduga berasal dari ruangan perangkat itu terjadi Selasa, (11/07/2020) sekitar pukul 15.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) dan berhasil dipadamkan pukul 15:51 WIB.

"Proses pemulihan tersebut berhasil dilakukan dengan pengalihan trafik melalui by pass sistem transmisi backbone broadband di Pekanbaru dengan memanfaatkan redundant atau kelebihan sistem," katanya di Jakarta (12/08/2020).

Arif mengatakan, redudant itu berada di 7 titik Next Generation Network (NGN) di Sumatera dengan dua sistem transmisi backbone di darat dan 3 sistem backbone kabel laut.

Baca juga: Fakta Gedung Telkom di Pekanbaru Terbakar, Toko Kartu Perdana Laris Manis hingga Keluhan Warga

"Dengan adanya sistem redundant ini, memungkinkan proses pemulihan layanan dapat dilakukan lebih cepat," jelas Arif seperti dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, khusus untuk layanan Telkomsel dan IndiHome area Pekanbaru, Arif mengatakan, pihaknya masih mengupayakan pemulihannya melalui proses reengineering atau mereka ulang jaringan.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan khususnya yang terdampak atas ketidaknyamanan ini,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Arif juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pemulihan layanan pasca kebakaran di STO Pekanbaru Centrum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com