Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 Dibuka Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 13/08/2020, 07:45 WIB
Warga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja di Jakarta, (20/4/2020). ANTARA FOTOWarga mencari informasi tentang pendaftaran program Kartu Prakerja di Jakarta, (20/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja telah menutup pendaftaran peserta program Kartu Prakerja Rabu (12/8/2020) pukul 24.00 WIB.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan untuk gelombang 5 program Kartu Prakerja akan dibuka pada Sabtu, 15 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB.

"Mereka yang belum menjadi penerima Kartu Prakerja dapat mendaftar di Gelombang 5," ujar Louisa dalam penjelasannya.

Louisa menjelaksan hingga saat ini jumlah pendaftar Kartu Prakerja gelombang 4 telah mencapai 1,2 juta orang.

Baca juga: Subsidi Gaji Tidak Diberikan untuk Peserta Kartu Prakerja

Para pendaftar tersebut berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. "Termasuk mereka yang diusulkan oleh Kemenaker/BPJS-TK," ujar dia dalam keterangannya.

Sebagai informasi, pendaftaran gelombang 4 program Kartu Prakerja telah dibuka sejak 8 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB.

Pada gelombang 4 ini, jumlah peserta yang nantinya akan diterima adalah 800.000 orang.

Louisa mengatakan, 16 Agustus 2020 PMO akan mengirimkan SMS pemberitahuan kepada pendaftar yang akan menerima manfaat dari program Kartu Prakerja.

"Pada hari Minggu, 16 Agustus 2020 Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja akan mengirimkan SMS pemberitahuan kepada mereka yang menerima Kartu Prakerja Gelombang 4," jelas dia.

Sebagai informasi setiap peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif sebesar Rp 3,55 juta.

Baca juga: Pemerintah Atur Biaya Komisi Pelatihan Kartu Prakerja, Maksimal 15 Persen

Sebesar Rp 1 juta akan diterima dalam bentuk voucher untuk membeli pelatihan yang ditawarkan Ruangguru, Tokopedia, Bukalapak, Belajar Apa, Pintaria, Sekolahmu, Pikar Mahir dan Sisnaker.

Setelah menyelesaikan pelatihan peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta yang masing-masing besarannya Rp 600.000 ribu per bulan. Kemudian, peserta juga akan mendapatkan insentif dari pengisian survei sebesar Rp 150.000 untuk tiga kali survei.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X