Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Kereta Cepat Disebut Biang Kerok Banjir di Tol Padaleunyi, Ini Tanggapan PT KCIC

Kompas.com - 13/08/2020, 10:38 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung disebut-sebut menjadi biang kerok terjadinya banjir di Tol Padaleunyi KM 130 pada Rabu (12/8/2020) sore kemarin.

Menanggapi hal tersebut, Corporate Secretary PT KCIC Mirza Soraya mengatakan, insiden banjir tersebut dikarenakan curah hujan yang tinggi.

“Sehingga terjadi peningkatan volume air pada saat  berlangsungnya pekerjaan relokasi tanggul penahan air pada kawasan tersebut,” ujar Mirza dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/8/2020).

Baca juga: Bos KCIC Optimistis Kereta Cepat Beroperasi 2022

Menurut Mirza, menindaklanjuto kejadian tersebut CREC selaku kontraktor Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung, segera melakukan langkah antisipasi untuk mengembalikan kondisi normal, seperti membuat bukaan untuk mengurangi level air yang menggenang dan melakukan pemompaan sisa air yang terjebak di daerah cekungan di kawasan itu.

“Pada jam 20.30 WIB (12/8/2020) kondisi genangan telah surut dan lalu lintas kendaraan sudah berjalan normal,” kata Mirza.

Pihak Kereta Cepat Jakarta – Bandung juga terus berkoordinasi dengan PT Jasamarga (Persero) Tbk dan Bina Marga untuk mengatasi genangan air tersebut.

“PT KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pengguna jalan dan memastikan pihak kontraktor akan menyelesaikan proses pembangunan tanggul dalam pekan ini. Jasa Marga dan KCIC terus memantau dan memastikan metode kerja kontraktor sesuai dengan mengikuti standar yang berlaku,” ucap dia.

Baca juga: Tol Padaleunyi KM 130 Tergenang Setinggi Paha, Jasa Marga: Imbas Proyek Kereta Cepat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com