Proyek Kereta Cepat Disebut Biang Kerok Banjir di Tol Padaleunyi, Ini Tanggapan PT KCIC

Kompas.com - 13/08/2020, 10:38 WIB
Terjadi genangan air sepanjang Jalan Tol Padaleunyi akibat adanya proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu (12/8/2020). Dokumentasi Humas Jasa MargaTerjadi genangan air sepanjang Jalan Tol Padaleunyi akibat adanya proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu (12/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung disebut-sebut menjadi biang kerok terjadinya banjir di Tol Padaleunyi KM 130 pada Rabu (12/8/2020) sore kemarin.

Menanggapi hal tersebut, Corporate Secretary PT KCIC Mirza Soraya mengatakan, insiden banjir tersebut dikarenakan curah hujan yang tinggi.

“Sehingga terjadi peningkatan volume air pada saat  berlangsungnya pekerjaan relokasi tanggul penahan air pada kawasan tersebut,” ujar Mirza dalam keterangan tertulisnya, Kamis (13/8/2020).

Baca juga: Bos KCIC Optimistis Kereta Cepat Beroperasi 2022

Menurut Mirza, menindaklanjuto kejadian tersebut CREC selaku kontraktor Proyek Kereta Cepat Jakarta – Bandung, segera melakukan langkah antisipasi untuk mengembalikan kondisi normal, seperti membuat bukaan untuk mengurangi level air yang menggenang dan melakukan pemompaan sisa air yang terjebak di daerah cekungan di kawasan itu.

“Pada jam 20.30 WIB (12/8/2020) kondisi genangan telah surut dan lalu lintas kendaraan sudah berjalan normal,” kata Mirza.

Pihak Kereta Cepat Jakarta – Bandung juga terus berkoordinasi dengan PT Jasamarga (Persero) Tbk dan Bina Marga untuk mengatasi genangan air tersebut.

“PT KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pengguna jalan dan memastikan pihak kontraktor akan menyelesaikan proses pembangunan tanggul dalam pekan ini. Jasa Marga dan KCIC terus memantau dan memastikan metode kerja kontraktor sesuai dengan mengikuti standar yang berlaku,” ucap dia.

Baca juga: Tol Padaleunyi KM 130 Tergenang Setinggi Paha, Jasa Marga: Imbas Proyek Kereta Cepat



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X