Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teten Minta Koperasi Masuk ke Sektor Riil

Kompas.com - 13/08/2020, 14:38 WIB
Elsa Catriana,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki meminta koperasi untuk masuk ke sektor riil seperti sektor kelautan hingga sawit.

Menurut dia, jumlah koperasi sektor riil yang ada di Indonesia tergolong kecil jika dibandingkan dengan jumlah Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

"Koperasi simpan pinjam itu masih dominan ada sebesar 59,9 persen dan sektor riil itu masih kecil, padahal sektor ini sangat penting ke depannya," ujarnya dalam diskusi yang bertemakan "Masihkah Koperasi Menjadi Andalan?" yang disiarkan secara virtual, Kamis (13/8/2020).

Baca juga: Cara agar Koperasi dan UMKM Bangkit di Masa Pandemi Corona

Teten mengatakan, pihaknya akan mendorong koperasi agar mau masuk ke sektor-sektor yang memiliki keunggulan domestik seperti pertanian, kelautan hingga komoditas.

"Kita tahu kita punya alam yang banyak, banyak potensi yang bisa kita dapatkan di sektor pertanian, kelautan dan komoditas. Kita harus dorong koperasi-koperasi kita masuk ke sektor itu," katanya.

Indonesia lanjut dia, memiliki potensi besar yang ada di laut. Dia pun meminta koperasi bisa dan mau masuk ke sektor ini

Apalagi menurut dia laut Indonesia memiliki kekayaan yang banyak dan bahan baku yang lengkap.

"Bisa dikatakan 100 persen bahan bakunya lengkap. Dengan terhubungnya koperasi kita di sektor-sektor riil tadi, koperasi bisa menjadi perpanjangan rantai produksi dari para petani, nelayan atau pernak untuk terhubung ke market yang lebih besar," jelas dia.

Baca juga: Teten: Koperasi dan BMT Bisa Dapat Dana Bergulir hingga Rp 100 Miliar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com