Kompas.com - 14/08/2020, 05:46 WIB
Ilustrasi beras KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi beras

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Bulog telah membeli beras petani secara langsung sebanyak 889.000 ton hingga per 12 Agustus 2020. Target penyerapan sebanyak 1,4 juta hingga akhir tahun.

"Penyerapan gabah dan beras per 12 Agustus 2020 secara nasional sudah 889.00 ton setara beras dari target 1,4 juta ton. Ini sudah dilaksanakan," ujar Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh dalam webinar Ketersediaan dan Keterjangkauan Pangan Dalam Pelaksanaan PEN, Rabu (13/8/2020).

Ia mengatakan, penyerapan beras tetap berjalan dengan baik meskipun ditengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Pemerintah Kembali Salurkan Bansos Beras dan Uang Tunai Rp 500.000

Namun, harga beras yang dibeli Bulog dari petani berada di atas atas acuan harga pembelian pemerintah (HPP) sebesar Rp 4.200 per kilogram.

"Saat ini kami sedang serap (beras) dari panen gadu yang harganya jauh diatas HPP," ungkapnya.

Oleh sebab itu, Bulog menjadikan serapan dari panen gadu tersebut untuk stok komersial, bukan dialokasikan pada cadnagan beras pemerintah (CBP).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi ini kami serap buat komersial, bukan CBP," imbuh Tri.

Baca juga: Harga Beras Eceran dan Grosir Turun Sepanjang Juli 2020

Di sisi lain, Bulog juga mengembangkan jaringan distribusi Rumah Pangan Kita (RPK), untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, terlebih selama masa pandemi Covid-19.

RPK memungkinkan masyarakat untuk memiliki warung sembako sebagai bagian dari jaringan pemasaran Bulog. Tri bilang, hingga 12 Agustus 2020 tercatat ada 99.204 RPK yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Ini adalah warung atau kios yang dimiliki masyarakat dengan binaan dari Bulog. RPK ini membantu masyarakat yang terkena PHK, kami support bahan-bahannya seperti beras, minyak goreng, tepung terigu, gula. Kami bina untuk masyarakat,” jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.