Bank Mandiri Gandeng Bukalapak Promosikan Produk UMKM

Kompas.com - 14/08/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. (Rafapress/SHUTTERSTOCK) Ilustrasi Bank Mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri menggandeng Bukalapak untuk mempromosikan produk usaha mikro kecil dan menengah ( UMKM) binaan.

Langkah ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis UMKM sekaligus mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional (PEN).

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan menyatakan, inisiatif ini merupakan bentuk pendampingan Bank Mandiri kepada UMKM mitra binaan. Saat ini, masyarakat dapat membeli produk dari 400 UMKM berupa kuliner, fesyen dan handicraft atau seni kerajinan tangan di halaman khusus Promo UMKM Bank Mandiri pada Bukalapak.

“Sinergi ini juga untuk mendukung kampanye Bangga Buatan Indonesia untuk memajukan UMKM sekaligus membangun kemandirian ekonomi Indonesia,” kata Rully mengutip siaran persnya, Jumat (14/8/2020).

Baca juga: Dana Hibah untuk UMKM Rp 2,4 Juta Mulai Dicairkan pada 17 Agustus 2020

Lewat kerjasama ini, lanjut Rully, Bukalapak juga bakal membuka kelas-kelas pelatihan dan pengembangan secara online bagi UMKM binaan Bank Mandiri. Adapun tema pelatihan antara lain mengenai cara membuat dan mengelola akun penjual di platform e-commerce, serta teknik pemasaran digital lain, termasuk pemanfaatan teknik-teknik fotografi agar display produk lebih menarik.

“Nah, untuk mengoptimalisasi nilai tambah bagi UMKM, kami juga memiliki program pesta diskon untuk transaksi pembayaran menggunakan Mandiri kartu debit dan Mandiri kartu kredit hingga sebesar 75 persen. Kami berharap kesempatan ini bisa dioptimalkan masyarakat untuk mendapatkan produk-produk menarik hasil kreasi mitra binaan Mandiri,” ucapnya.

Rully menambahkan, selain pembinaan lewat program pemasaran ini, pihaknya juga akan merintis kolaborasi sinergis dengan pihak lain, terutama perusahaan BUMN untuk mengembangkan UMKM secara komprehensif agar memiliki keunggulan produk dan dan berdaya saing tinggi.

Di samping itu Rully juga mengatakan Bank Mandiri juga akan mengoptimalkan momentum HUT Kemerdekaan RI, untuk menarik minat masyarakat berbelanja dengan menggelar pesta diskon hingga 75 persen bagi pemegang Mandiri Kartu Kredit dan Mandiri Kartu Debit di berbagai merchant e-commerce maupun ritel, termasuk jaringan Indomaret dan Alfamidi.

Adapun informasi lengkap mengenai pesta diskon hingga 75 persen tersebut dapat dilihat pada bmri.id/HUTRI75

“Secara bisnis, kami berharap program pesta diskon ini juga dapat meningkatkan transaksi belanja nasabah dengan Mandiri Kartu Kredit dan Mandiri Kartu Debit,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan, frekuensi transaksi belanja nasabah dengan Mandiri Kartu Kredit pada Juni 2020 tercatat sebesar 17,8 juta transaksi dengan nilai Rp 15,04 triliun. Sedangkan frekuensi transaksi belanja dengan Mandiri Kartu Debit sebesar 51,2 juta dengan transaksi senilai Rp 28,4 triliun.

Baca juga: Sudah 9 Juta UMKM Terdata Menerima BLT, Erick Thohir: Ini Hibah, Bukan Pinjaman



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X