Terdepak dari Daftar Fortune 500, Ini Kata Pertamina

Kompas.com - 14/08/2020, 12:39 WIB
Ilustrasi logo Pertamina. Dok. Shutterstock Ilustrasi logo Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com - Fortune kembali merilis daftar 500 perusahaan dengan pendapatan terbesar di dunia atau Fortune Global 500 di tahun 2020. Namun, sayangnya PT Pertamina (Persero) harus terdepak dari daftar tersebut, setelah pada 2019 menduduki posisi ke-175.

Merespons hal tersebut, VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, mengatakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kinerja perusahaan, sehingga tetap dapat disejajarkan dengan perusahaan dunia yang tercatat dalam daftar Fortune Global 500.

Ia menjelaskan keyakinan ini mengacu pada kinerja Pertamina tahun 2019. Pendapatan BUMN minyak saat itu mencapai 54,58 miliar dollar AS dan laba 2,5 miliar dollar AS.

"Tahun ini Pertamina tidak terdaftar dalam pemeringkatan Fortune Global 500, namun dengan total pendapatan mencapai 54,58 miliar dollar AS, kinerja Pertamina menyamai perusahaan dunia yang menempati posisi 198, yaitu Nippon Steel Corporation dengan pendapatan 54,45 miliar dollar AS," kata Fajriyah, dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (14/8/2020).

Baca juga: Pertamina Bidik Posisi Top 100 Fortune Global pada 2026

Lebih lanjut, Fajriyah menjelaskan, di bawah peringkat 198 tersebut, terdapat beberapa perusahaan global terkenal lainnya, seperti Goldman Sachs Group, Morgan Stanley, Caterpillar, dan LG Electronic yang berada di posisi 202 - 207 dengan pendapatan sekitar 53 miliar dollar AS.

Sementara perusahaan energi dunia lainnya seperti Repsol dan ConocoPhilips bahkan berada di peringkat 245 dan 348.

Fajriyah mengaku optimistis, pada tahun mendatang Pertamina dapat kembali tercatat dalam daftar Fortune Global 500 dengan posisi yang lebih tinggi.

Restrukturisasi Pertamina yang dilakukan beberapa waktu lalu disebut sebagai salah satu langkah yang dapat merealisasikan target tersebut.

"Dengan dukungan semua pihak, Pertamina berharap aspirasi sebagai global energy champion dapat tercapai dan mampu menempatkan BUMN ini di posisi 100 Fortune Global,” ucap Fajriyah.

Baca juga: Bidik Masuk Daftar Fortune 500, Telkom Targetkan Pendapatan Rp 1.000 Triliun



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X