BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Jadi Next Gen Influencer Cuma Modal HP Kamera Terbaik? Kenali Dulu Tahapannya

Kompas.com - 14/08/2020, 16:32 WIB
Tim Konten,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Profesi sebagai influencer makin dilirik oleh Generasi Z. Bahkan, kepopuleran profesi tersebut di mata generasi yang lahir pada 1995-2015 mengalahkan profesi lainnya, seperti astronot, dokter, maupun guru, berdasarkan survei Harris Polls dan Lego pada 2019.

Melansir CNBC.com, hasil riset Harris Poll dan Lego menyebut, 30 persen Gen Z di Amerika Serikat dan Britania Raya bercita-cita menjadi influencer. Gen Z menganggap, bekerja sebagai influencer, khususnya lewat jalur video blogger (vlogger), lebih menyenangkan dan mudah mendatangkan penghasilan.

Anggapan ini memang ada benarnya. Gamer dengan alias PewDiePie, misalnya, berhasil mendapatkan penghasilan 8 juta dollar AS atau setara Rp 114 miliar per bulan dari aktivitas ngevlog. Cuan sebesar itu diperoleh dari video review game yang diunggah di Youtube.

Peluang sukses sebagai influencer dari jalur vlogger juga makin terbuka lantaran tren hiburan diprediksi bakal bergeser ke dunia digital, salah satunya ke layanan streaming video seperti Youtube.

Baca juga: Mau Jadi Influencer? Simak Tips Suksesnya

Hal ini dapat dilihat dari laporan Hootsuite berjudul “Youtube Stats 2020”. Layanan streaming video milik Google itu dikunjungi 2 miliar pengguna tiap bulan. Tak hanya itu, Youtube tercatat sebagai platform kedua yang banyak digunakan oleh pengguna berusia 18-34 tahun.

Youtube juga sudah menyediakan layanan adsense agar para pemilik channel bisa memonetisasi kontennya. Semakin banyak penonton dan pelanggan, semakin banyak pula pendapatan yang mungkin didapat.

Selain itu, untuk menjadi kreator video pun sekarang makin mudah. Berbekal handphone (HP) kamera terbaik dan software editing video sudah bisa dimanfaatkan untuk menciptakan konten menarik. Apalagi, saat ini aplikasi editing bawaan di smartphone sudah mampu digunakan untuk menyempurnakan konten.

Meski begitu, menjadi seorang influencer tetap memerlukan kerja keras dari awal hingga akhir. Terutama dengan ketatnya persaingan yang terjadi di dunia maya. Anda perlu memiliki pedoman awal sebelum mulai terjun di dunia ini.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa modal awal yang perlu Anda siapkan terlebih dahulu.

1. Tentukan bidang yang dikuasai

Sebelum memulai karier sebagai influencer, Anda perlu memilih topik atau bidang yang disukai. Lebih bagus lagi bila bidang itu sudah dikuasai sehingga Anda tidak perlu pula belajar dari nol. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membuat konten dan memulai personal branding.

Misalnya, bila tertarik soal sepeda dan merasa punya pengalaman banyak, Anda bisa memilih bidang tersebut untuk dijadikan tema konten.

2. Bangun personal branding

Sembari membuat konten dari bidang yang dikuasai, lakukan pula personal branding atau membangun persona. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan di awal Anda memutuskan untuk menjadi influencer.

Anda bisa menampilkan beragam persona. Mulai dari karakter yang fun, formal, hingga gaul.

Ilustrasi persona InfluencerDOK. OPPO Ilustrasi persona Influencer

Namun sebaiknya, persona yang ingin dibangun disesuaikan dengan karakter Anda. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah berada di depan kamera dan tidak harus capek-capek menjadi orang lain.

Branding ini juga bakal memudahkan bila Anda berencana untuk membuka peluang kerja sama dengan brand maupun pihak ketiga.

Baca juga: Siasati Kamera, Yuk Coba 4 Konsep Virtual Photoshoot Ini

Sebagai catatan, dalam membangun persona, Anda perlu bijak dan waspada saat berinteraksi di dunia maya. Hal ini agar terhindar dari isu negatif yang bisa saja terjadi di masa depan. Sebab, jejak digital yang bernada negatif dapat menjadi bumerang bagi karier Anda sebagai influencer.

3. Pahami audiens

Anda perlu memahami audiens yang ingin ditarget. Hal ini dilakukan agar mudah menggaet, memberi pengaruh, bahkan menjadikan audiens tersebut sebagai penonton setia.

Anda dapat memulai dengan riset sederhana. Caranya dengan melihat analytic tool yang ada di tiap platform media sosial atau layanan streaming video.

Anda bisa menggunakan menu fitur “Insight” di Instagram, Twitter Analytic, maupun Google Analytic.

Ketika sudah mengetahui minat dan keinginan audiens, Anda tinggal memberikan hal tersebut melalui konten. Penonton pun bakal betah karena mereka menikmati konten yang diinginkan.

4. Konsisten

Pernah dengar istilah “hasil tidak pernah mengkhianati proses”? Ya, kesuksesan tak akan datang bila Anda tidak konsisten dalam menjalankan profesi ini.

Oleh karena itu, buat dan unggah video secara berkala dan terjadwal, bisa secara harian maupun mingguan. Konsistensi ini turut memaksimalkan engagement penonton.

Terlebih, teknologi algoritma media sosial maupun layanan streaming saat ini juga lebih “menyukai” influencer yang mengunggah konten secara berkala.

Algoritma akan merekomendasikan konten dari influencer yang menjaga ritme unggahan. Ini artinya potensi konten Anda ditonton banyak orang semakin besar.

Selain konsisten dalam jadwal mengunggah, Anda perlu pula tetap konsisten soal bidang maupun persona yang dibangun. Anda tidak bisa melakukan hal nyeleneh agar cepat viral karena hal itu justru berpotensi mencederai persona yang telah Anda bangun sebelumnya.

Dikutip dari Wix.com, membuat konten video di luar konteks dapat membuat penonton bingung dan berakhir dengan meninggalkan channel Anda.

5. Gunakan alat yang mumpuni

Selain keempat poin di atas, suguhan gambar video yang bagus menjadi kunci utama untuk menarik minat audiens. Untuk menghasilkan video berkualitas, Anda pun membutuhkan alat perekam yang mumpuni.

Untungnya, saat ini, Anda tidak perlu repot-repot menggunakan kamera video profesional yang mahal dan besar.

Anda cukup menggunakan smartphone terbaru, seperti Oppo Reno4, karena teknologi kameranya sudah bisa menghasilkan kualitas gambar sebagus kamera profesional.

Keuntungan lainnya, dengan menggunakan smartphone, Anda bisa kapan saja membuat konten, terutama bila tema vlog Anda adalah aktivitas harian.

Baca juga: Punya Rencana Staycation? Jangan Lupa Bawa Kamera dan 4 Barang Wajib Ini

Nah, sebagai salah satu HP kamera terbaik, Oppo Reno4 sudah dibekali beragam fitur video mumpuni.

Inovasi artificial intelligence (AI) terbaru pada teknologi kamera Oppo Reno4 dapat dimanfaatkan untuk menghadirkan video yang unik dan menarik, terutama jika menyangkut komposisi warna serta fokus kamera pada obyek yang direkam.

Misalnya saja, fitur AI Monochrome Video. Fitur ini mampu mengubah tampilan warna video secara instan. Anda bisa mengeset tone warna merah, hijau, biru, atau hitam di video yang sedang direkam. Dengan fitur ini, tak perlu lagi lakukan proses editing yang panjang untuk hasilkan video layaknya influencer profesional.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Kamu bisa lakukan ini dengan 960fps AI Slow-motion dari OPPO Reno4! Momen apa yang menurut kalian cocok untuk di Slow-Motion kan, O-Fans? #OPPOReno4

A post shared by OPPO Indonesia (@oppoindonesia) on Aug 13, 2020 at 4:07am PDT

Masih ada fitur lainnya yang bisa bikin konten makin bagus. Fitur 960fps AI Slow-motion mampu merekam setiap momen dengan efek video slow motion yang detail. Bahkan, fitur ini mampu melipatgandakan jumlah momen yang direkam dalam satu detik.

Fitur-fitur tersebut diperkuat dengan kualitas lensa kamera Oppo Reno4. Smartphone terbaru Oppo tersebut dibekali lima kamera: kamera utama 48 MP, ultra wide-angle 8 MP, makro 2 MP, kamera mono 2 MP, dan kamera depan 32 MP. Spesifikasi lensa seperti itu sudah bisa menghasilkan konten video yang jernih.

OPPO Reno4 juga sudah dilengkapi dengan Ultra Steady Video 3.0 yang membuat hasil video tetap stabil meski terdapat guncangan ekstrim sekalipun.

Baca juga: Menilik Sepak Terjang Teknologi Kamera Ponsel dari Waktu ke Waktu

Kecanggihan Oppo Reno4 dapat Anda nikmati dengan melakukan pembelian di official store Oppo Indonesia secara daring lewat Lazada maupun Oppo Store seluruh Indonesia dengan harga Rp 4.999.000.

Nikmati juga penawaran eksklusif dari berbagai provider dengan benefit hingga Rp 3,4 juta dan special installment dari Kredivo dan Home Credit.

Untuk informasi spesifikasi dan fitur lengkap, Anda dapat mengunjungi laman web resmi Oppo Indonesia melalui link Oppo Mobile.


Terkini Lainnya

Chandra Asri Bukukan Pendapatan Bersih 2,15 Miliar Dollar AS pada 2023

Chandra Asri Bukukan Pendapatan Bersih 2,15 Miliar Dollar AS pada 2023

Whats New
Tinjau Panen Raya, Mentan Pastikan Pemerintah Kawal Stok Pangan Nasional

Tinjau Panen Raya, Mentan Pastikan Pemerintah Kawal Stok Pangan Nasional

Whats New
Kenaikan Tarif Dinilai Jadi Pemicu Setoran Cukai Rokok Lesu

Kenaikan Tarif Dinilai Jadi Pemicu Setoran Cukai Rokok Lesu

Whats New
Puasa Itu Berhemat atau Boros?

Puasa Itu Berhemat atau Boros?

Spend Smart
Kadin Proyeksi Perputaran Uang Saat Ramadhan-Lebaran 2024 Mencapai Rp 157,3 Triliun

Kadin Proyeksi Perputaran Uang Saat Ramadhan-Lebaran 2024 Mencapai Rp 157,3 Triliun

Whats New
Kebutuhan Dalam Negeri Jadi Prioritas Komersialisasi Migas

Kebutuhan Dalam Negeri Jadi Prioritas Komersialisasi Migas

Whats New
Ratusan Sapi Impor Asal Australia Mati Saat Menuju RI, Badan Karantina Duga gara-gara Penyakit Botulisme

Ratusan Sapi Impor Asal Australia Mati Saat Menuju RI, Badan Karantina Duga gara-gara Penyakit Botulisme

Whats New
Watsons Buka 3 Gerai di Medan dan Batam, Ada Diskon hingga 50 Persen

Watsons Buka 3 Gerai di Medan dan Batam, Ada Diskon hingga 50 Persen

Spend Smart
Utang Pemerintah Kian Bengkak, Per Februari Tembus Rp 8.319,22 Triliun

Utang Pemerintah Kian Bengkak, Per Februari Tembus Rp 8.319,22 Triliun

Whats New
Heran Jasa Tukar Uang Pinggir Jalan Mulai Menjamur, BI Malang: Kurang Paham Mereka Dapat Uang Dari Mana...

Heran Jasa Tukar Uang Pinggir Jalan Mulai Menjamur, BI Malang: Kurang Paham Mereka Dapat Uang Dari Mana...

Whats New
Dongkrak Performa, KAI Logistik Hadirkan Layanan 'Open Side Container'

Dongkrak Performa, KAI Logistik Hadirkan Layanan "Open Side Container"

Whats New
Sumbangan Sektor Manufaktur ke PDB 2023 Besar, Indonesia Disebut Tidak Alami Deindustrialisasi

Sumbangan Sektor Manufaktur ke PDB 2023 Besar, Indonesia Disebut Tidak Alami Deindustrialisasi

Whats New
Harga Bahan Pokok Jumat 29 Maret 2024, Harga Ikan Tongkol Naik

Harga Bahan Pokok Jumat 29 Maret 2024, Harga Ikan Tongkol Naik

Whats New
Modal Asing Kembali Cabut dari RI, Pekan Ini Nilainya Rp 1,36 Triliun

Modal Asing Kembali Cabut dari RI, Pekan Ini Nilainya Rp 1,36 Triliun

Whats New
Kerap Kecelakaan di Perlintasan Sebidang, 5 Lokomotif KA Ringsek Sepanjang 2023

Kerap Kecelakaan di Perlintasan Sebidang, 5 Lokomotif KA Ringsek Sepanjang 2023

Whats New
komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com