Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Anggaran Rp 84,3 Triliun, Ini Prioritas Kemenkes pada 2021

Kompas.com - 14/08/2020, 22:02 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapat alokasi anggaran belanja Rp 84,3 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) TA 2021.

Anggaran belanja tersebut merupakan yang kelima terbesar dari seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) atau 6,2 persen dari porsi APBN.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, anggaran kesehatan pada 2021 bakal diarahkan untuk percepatan pemulihan kesehatan pasca pandemi, diikuti peningkatan akses dan mutu pelayanan melalui penguatan sistem kesehatan.

"Maka pagu anggaran Kemenkes tahun 2021 Rp 84,3 triliun. Ini di luar yang Ibu Menteri Keuangan ada tambahan Rp 25,4 triliun untuk penyiapan vaksin dan untuk ketahanan kesehatan nasional," kata Terawan dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2021 secara virtual, Jumat (14/8/2020).

Baca juga: Kementerian PUPR Dapat Anggaran Terbesar pada 2021, untuk Apa Saja?

Terawan menyebut, perencanaan anggaran kesehatan disusun mengacu pada visi misi Presiden dan berdasarkan RPJMN 2020-2024.

Bila dibedakan dari sumber dana, proporsi terbesar pagu anggaran Rp 84,3 triliun tersebut berasal dari rupiah murni (RM) sebesar Rp 69,4 triliun atau 82,42 persen dari keseluruhan anggaran. Kemudian diikuti BLU melalui peningkatan pelayanan RS dan Poltekes sebesar 26,56 persen.

"Anggaran yang bersumber dari rupiah murni dipergunakan untuk pembayaran PBI sebesar Rp 48,8 triliun atau 57,87 persen dari anggaran dengan target 96,8 juta jiwa," tuturnya.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut RUU Cipta Kerja Bakal Rampung Tahun Ini

Selanjutnya Terawan merinci, ada beberapa kegiatan prioritas yang dicanangkan pada 2021, seperti jaminan kesehatan nasional, peningkatan kesehatan ibu dan anak yang difokuskan pada penurunan angka kematian ibu dan angka kematian balita, percepatan perbaikan gizi masyarakat, termasuk pencegahan stunting.

Selanjutnya ada peningkatan pengendalian penyakit termasuk Covid-19, dan penguatan ketahanan kesehatan nasional, penguatan gerakan masyarakat hidup sehat, peningkatan sistem kesehatan nasional, pemenuhan dan peningkatan kualitas SDM kesehatan, ketersediaan obat, serta ketersediaan alat kesehatan yang bermutu dan terjangkau.

"Kemenkes punya komitmen untuk melaksanakan program dan kegiatan prioritas, untuk mendukung pencapaian visi dan misi Bapak Presiden terutama dalam pencegahan dan pengendalian penyakit," kata dia.

Baca juga: Luhut ke Petinggi Pertamina: Hei Kalian Jangan Main-main...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com