KILAS

Jaga Ketahanan Pangan, Kementan Bangun Embung di Brebes

Kompas.com - 17/08/2020, 16:45 WIB
Embung penampung air untuk mengairi lahan pertanian. KementanEmbung penampung air untuk mengairi lahan pertanian.

KOMPAS.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy mengatakan, salah satu embung yang dibangun pihaknya pada 2020, berada di Desa Banjaran, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah (Jateng).

Ia melanjutkan, pembangunan embung di sana dilaksanakan oleh Kelompok Tani Langgeng Jaya.

“Keberadaan embung di Brebes sangat efektif. Terbukti, produktivitas dan indeks pertanaman (IP) meningkat dari 2 menjadi 3 kali pada areal seluas 180 hektar,” kata Sarwo, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (17/8/2020).

Sarwo mengatakan, pembangunan embung merupakan salah satu upaya Kementan menjaga ketahanan pangan.

Baca juga: Antisipasi Musim Kemarau, Kementan Dukung Poktan Bangun Embung

“Salah satu permasalahan yang harus dihadapi pertanian khususnya di musim kemarau adalah ketersediaan air.Makanya kita mengantisipasi hal ini dengan membangun embung," kata Sarwo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, kata dia, meski sedang menghadapi musim kemarau, pertanian bisa terus berlangsung, sehingga produksi tetap terjaga, dan ketahanan pangan bisa tercipta.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menambahkan, untuk menjaga ketahanan pangan, Kementan juga terus mengampanyekan dan menjaga spirit kolaborasi yang baik dari semua pemangku kepentingan.

Menurut Syahrul, hal tersebut penting dilakukan karena sektor pertanian mampu membuka lapangan pekerjaan secara masif, menyerap jutaan tenaga kerja, dan menjadi tulang punggung kebangkitan ekonomi nasional.

“Pertanian menjadi salah satu sektor yang bisa bertahan di tengah krisis. Pertanian adalah pilihan pasti yang bisa membuka lapangan pekerjaan,” kata Syahrul, Senin (17/8/2020).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.