Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan HUT RI Beda, Luhut: Semangat Persaudaraan dan Persatuan Tetap Sama

Kompas.com - 18/08/2020, 10:19 WIB
Ade Miranti Karunia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia dirasakan berbeda pada tahun ini. Ini lantaran adanya pandemi virus corona (Covid-19).

Hal ini diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Semua kegiatan dilakukan secara daring, termasuk saat momen pengibaran bendera. Begitu pula dengan kegiatan lomba Agustusan ditiadakan.

Baca juga: Luhut: Percayalah Pemerintah Memberikan yang Terbaik buat Rakyat

"Biasanya saya beserta jajaran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, mengadakan berbagai macam perlombaan untuk memperingati hari kemerdekaan, tahun ini tidak ada perayaan karena demi mematuhi protokol kesehatan yang berlaku," kata Luhut, dikutip dari akun Instagram pribadinya, Senin (17/8/2020).

Kendati berbeda situasinya, Luhut melihat adanya persaudaraan yang erat serta persatuan bangsa Indonesia dalam menghadapi pandemi.

"Namun, satu hal yang saya lihat tetap sama di peringatan Kemerdekaan Indonesia adalah semangat persaudaraan dan persatuan antar sesama anak bangsa yang masih besar dan menggelora bahkan di saat Republik Indonesia sedang diuji oleh wabah pandemi seperti saat ini," ujarnya.

Mantan Satgas Tempur Koppasus ini tetap yakin, adanya wabah Covid-19 menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju. Karena adanya pembenahan serta mengubah dalam segala hal.

Baca juga: Indonesia Diprediksi Resesi, Luhut: Kita Feel Comfortable

"Karenanya saya percaya bahwa ujian ini akan menjadi momentum bangsa Indonesia untuk bangkit dan berbenah, melakukan perubahan besar di segala lini kehidupan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

"Sehingga kelak ketika seluruh pandemi dan ujian ini bisa kita lewati, kita akan menjadi negara maju karena masyarakatnya yang bersatu. Dirgahayu Republik Indonesia yang ke Tujuh Puluh Lima. Merdeka dan Maju," kata Luhut mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com