Perpanjang Program Listrik Gratis, Pemerintah Minta Masyarakat Tidak Boros

Kompas.com - 18/08/2020, 11:13 WIB
Ilustrasi listrik, tagihan listrik, penggunaan listrik ShutterstockIlustrasi listrik, tagihan listrik, penggunaan listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah meminta kepada pelanggan listrik golongan rumah tangga 450 VA dan 900 VA subsidi untuk tidak melakukan pemborosan konsumsi listrik.

Permintaan tersebut disampaikan setelah pemerintah memutuskan untuk memperpanjang kebijakan stimulus berupa pembebasan tagihan listrik untuk golongan 450 VA dan diskon 50 persen untuk golongan 900 VA subsidi, hingga Desember 2020.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, dampak pandemi Covid-19 masih dirasakan oleh masyarakat. Sehingga pemerintah memutuskan untuk memperpanjang stimulus yang telah dilaksanakan sejak April lalu tersebut.

"Maka kemudian program ini diperpanjang hingga akhir tahun atau sampai Desember," katanya, dalam diskusi virtual, Selasa (18/8/2020).

Baca juga: Program Listrik Gratis Diperpanjang hingga Desember 2020

Lebih lanjut, Rida menegaskan, biaya yang dikeluarkan untuk pelaksanaan program tersebut berasal dari kas negara.

Oleh karenanya, Rida meminta kepada penerima bantuan untuk tidak melakukan pemborosan terhadap konsumsi listrik.

"Ini sifatnya sementara, tidak gratis, karena ada yang bayar yaitu negara. Dan untuk itu pada kesempatan yang baik ini saya mengimbau agar kita-kita semua bijak dalam hal memanfaatkan atau mengkonsumsi listrik di rumahnya masing-masing," tuturnya.

Kementerian ESDM mencatat, sampai dengan saat ini total penerima bantuan listrik golongan rumah tangga 450 VA dan 900 VA subsidi mencapai 31,88 juta pelanggan.

Dengan diperpanjangnya stimulus hingga akhir tahun, maka pemerintah menganggarkan Rp 12,18 triliun untuk melaksanakan program tersebut.

"Itu sifatnya untuk mengurangi beban saudara-saudara kita yang termasuk di dua golongan ini," ucap Rida.

Baca juga: Promo LinkAja Sambut HUT RI, Cashback Token Listrik hingga BBM



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X