Erick Thohir Targetkan Renovasi Gedung Sarinah Rampung 17 Agustus 2021

Kompas.com - 18/08/2020, 17:06 WIB
Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat. sarinah.co.idGedung Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan renovasi Gedung Sarinah, Jakarta bisa rampung pada 17 Agustus 2021.

Hal tersebut diungkapkan Erick saat memberi sambutan dalam acara pencanangan transformasi Sarinah pada Selasa (18/8/2020).

“Saya berharap tentu hal ini bisa tepat waktu, tadi Pak Dirut (Wijaya Karya) bilang beneran? Benar ini ?17 Agustus 2021?? Ok alhamdulillah kalau benar,” ujar Erick.

Mantan bos Inter Milan itu berharap nantinya gedung baru Sarinah bisa menjadi salah satu ikon di Ibu Kota negara.

Baca juga: BUMN Diminta Belanja Berbagai Produk UMKM

Apalagi, nantinya Sarinah akan menjadi pusat UMKM Indonesia. Dengan begitu, diharapkan bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke gedung tersebut.

“Saya berharap di ?17 Agustus 2021? kita bisa melihat icon Indonesia, icon Jakarta bisa tampil prima lagi dan mendukung merk lokal, UMKM bisa menjadi tulang punggung dan ini sebuah keharusan, yang keberpihakannya terjadi,” kata Erick.

Selain pembenahan gedung, Erick berharap transformasi Sarinah juga terjadi di bagian bisnisnya. Dia menginginkan Sarinah bisa menjadi pendukung UMKM dalam negeri.

“UMKM kita yang sedemikian ragamnya harus kita sukseskan, sehingga tujuan kita melakukan transformasi dan kolaboratif ini ada impact-nya. Bukan hanya lips service,” ucap dia.

Sementara itu, Direktur Utama Wijaya Karya Budi Waskito menambahkan, dalam renovasi Gedung Sarinah mayoritas materian yang digunakan buatan lokal.

Selain itu, ada pula sekitar 400 pekerjanya berusia di bawah 45 tahun.

“Wijaya Karya siap mendukung (renovasi Gedung Sarinah) dan tepat waktu. Hari ini pencanangan dan mudah-mudahan di Agustus 2021 kita bisa meresmikan,” ujarnya.

Gedung Sarinah merupakan pusat perbelanjaan setinggi 74 meter dengan memiliki 15 lantai. Luas bangunannya berkisar 27.000 meter persegi dengan luas per lantai 1.800 meter persegi.

Renovasi gedung milik BUMN tersebut mau tidak mau berimbas kepada seluruh tenant yang ada di sana. Selama renovasi tenant yang ada di gedung tersebut tutup.

Termasuk McDonald's yang telah ditutup permanen mulai 10 Mei 2020. Bila renovasi itupun tuntas, tenant-tenant yang dipasarkan nyaris 100 persen produk UMKM atau brand lokal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X