Shopee Hapus Akun Seller yang Menjual Uang Rp 75.000

Kompas.com - 19/08/2020, 05:52 WIB
Warga memotret layar yang menampilkan uang lembar pecahan Rp 75.000 saat diluncurkan secara virtual, di Jakara, Senin (17/8/2020). Bank Indonesia mengeluarkan uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia dengan bentuk lembar pecahan Rp 75.000. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK AWarga memotret layar yang menampilkan uang lembar pecahan Rp 75.000 saat diluncurkan secara virtual, di Jakara, Senin (17/8/2020). Bank Indonesia mengeluarkan uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia dengan bentuk lembar pecahan Rp 75.000.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Shopee mengaku telah menghapus para seller yang menjual uang Rp 75.000 yang baru dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) saat memperingati HUT ke-75 RI.

Sebelumnya berdasarkan pantauan Kompas.com, banyak para seller yang menjual uang baru Rp 75.000 di toko online Shopee. Harga yang dibanderol untuk uang Rp 75.000 tersebut mencapai jutaan rupiah.

"Saat ini kami telah memastikan semua produk terkait dan toko (akun seller) yang menjual uang tunai sebesar Rp 75.000 dengan harga yang tidak sesuai dari aplikasi Shopee sudah diturunkan (hapus)," ujar Public Relation Lead Shopee Indonesia Aditya Maulana Noverdi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/8/2020).

Baca juga: 5 Fakta Menarik Uang Rp 75.000, dari Klarifikasi Baju Adat China hingga Sulit Dipalsukan


Menurut Adit, hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan semua pengguna Shopee.

Selain itu, Adit mengatakan pihaknya telah mendedikasikan tim internal Shopee untuk melakukan pemantauan secara aktif dan rutin terhadap produk-produk yang dijual di dalam aplikasinya.

Dia juga bilang uang baru sebesar Rp 75.000 tersebut hanya bisa diakses melalui Bank Indonesia, Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA dan CIMB Niaga setelah melakukan pemesanan online melalui aplikasi atau website Bank Indonesia.

Sebelumnya, bukan hanya Shopee satu-satunya platform e-commerce yang ditemukan adanya seller yang menjual produk ini, tetapi e-commerce Bukalapak juga memiliki pelapak yang menjual produk uang baru ini.

Baca juga: Bukalapak Akan Hapus Penjualan Uang Baru Rp 75.000



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X