10 Kebiasaan Manusia Produktif (bagian 1)

Kompas.com - 19/08/2020, 11:38 WIB
Ilustrasi tim karyawan perusahaan Shutterstock.comIlustrasi tim karyawan perusahaan

Memasuki tahun 2020 ini dimana frekuensi disrupsi semakin meningkat dengan hadirnya pandemi Covid-19, berikut kami sajikan 10 kebiasaan manusia produktif di era disruptif.

Kebiasaan produktif ini kami kembangkan sedemikian rupa secara paralel bisa digunakan untuk pengembangan diri dan pengembangan bisnis. Dan agar efisien dan efektif pada edisi pertama ini akan kita kaji 5 dari 10 kebiasaan tersebut.

Kebiasaan produktif Pertama adalah Positive Believe, makna dari Kebiasaan ini adalah, bagaimana kita mampu dan mau untuk memilih sebuah keyakinan yang positif atau meyakini segala sesuatu kejadian memiliki sebuah pembelajaran yang positif.

Baca juga: Menpan RB Curhat soal Sulitnya Pangkas PNS yang Tak Produktif

Ini adalah Kebiasaan dasar dan utama, artinya kita tidak kan bisa melaksanakan 9 Kebiasaan berikutnya jika Kebiasaan yang pertama ini tidak kita lakukan dengan sungguh-sungguh.

Apa yang dimaksud dengan Positive Believe?

Per definisi positive believe dalam kajian beberapa referensi ilmiah dalam bahasa Inggris adalah “the psychological state in which an individual holds a proposition or premise to be true.”

Berbasis kepada definisi di atas maka bisa dikatakan mengapa Kebiasaan pertama ini digunakan sebagai FUNDAMENTAL ATAU DASAR BERPIJAK adalah karena BELIEVE TERBUKTI SANGAT ampuh dalam mempengaruhi Kebiasaan kedua dan ketiga yaitu Positive Mind Set dan Positive Mental Set.

Kebiasaan kedua adalah positive mental set, yang berarti bagaimana Anda mau dan mampu merespon segala sesuatu dengan reaksi yang positif dan fokus kepada solusi bukan kepada masalah.

Kebiasaan ini sebagaimana penjelasan di atas sangat dipengaruhi oleh Kebiasaan pertama, dan disaat yang sama Kebiasaan ini akan berdampak kepada Kebiasaan ketiga.

Adapun definisi sederhana yang mudah dipahami oleh awam mengenai Positive Mental Attitude, bersumber dari pemahaman mengenai definisi attitude atau sikap.

Sikap didefinisikan sebagai “pilihan reaksi atau respon terhadap segala kejadian baik atau buruk yang menimpa manusia ditunjukkan dengan perilaku atau tindakan”.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X