Ada 20 Lokasi Pelaksanaan SKB CPNS di Luar Negeri

Kompas.com - 19/08/2020, 12:00 WIB
Ilustrasi: Peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota Surabaya bersiap sebelum mengerjakan soal di Gelanggang Remaja, Surabaya, Senin (10/2/2020). KOMPAS/Bahana Patria GuptaIlustrasi: Peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemerintah Kota Surabaya bersiap sebelum mengerjakan soal di Gelanggang Remaja, Surabaya, Senin (10/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menggelar rapat koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri jelang pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang Calon Pegawai Negeri Sipil (SKB CPNS) Formasi Tahun 2019.

Dalam rapat tersebut, diputuskan pelaksanaan SKB di luar negeri akan dilaksanakan di 20 titik lokasi yang tersebar di sejumlah Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Kantor Konsulat Jenderal, serta Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia.

"Peserta dapat mengikuti SKB di tempat terdekat, sehingga tidak perlu melakukan perjalanan," kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana melalui keterangan tertulis, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Peserta SKB CPNS Bisa Pilih Lokasi Tes tanpa Harus Sesuai KTP Domisili

Menurut BKN, keputusan tersebut didasari atas tindak lanjut Surat Edaran (SE) Menpan tentang Rencana Pelaksanaan SKB CPNS Formasi Tahun 2019 mengenai teknis penyelenggaraan SKB, dalam rangka pencegahan penularan Covid-19, yang dilakukan dengan penetapan lokasi tes untuk meminimalisir pergerakan peserta antar wilayah.

Untuk memastikan pelaksanaan SKB di titik lokasi luar negeri dapat berjalan dengan optimal dan terjaga akuntabilitasnya, BKN telah bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dan berkoordinasi langsung dengan perwakilan KBRI.

Jumlah peserta SKB CPNS di luar negeri ada 68 orang, dengan peserta yang akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN sejumlah 38 orang.

Baca juga: Panduan Lengkap Tes SKB di SSCN, Cetak Kartu Hingga Jadwal Ujian

Sementara itu, berdasarkan penjadwalan SKB yang dilaksanakan mulai 10-14 Agustus 2020, total jumlah peserta SKB per 12 agustus 2020 tercatat 336.487 peserta. Sebanyak 297.942 peserta SKB akan menggunakan CAT BKN.

Terdiri dari 51 instansi pusat sejumlah 44.631 orang dan 456 instansi daerah sejumlah 253.311 orang. Sementara untuk instansi pusat yang tidak menggunakan CAT BKN sejumlah 38.545 peserta.

Baca juga: SKB CPNS Dihelat 1 September hingga 12 Oktober 2020, Ini Tahapannya



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X