Pabrik Pakan Ayam Bakal Dibangun di Ngawi

Kompas.com - 19/08/2020, 16:41 WIB
Ilustrasi peternakan ayam pedaging. SHUTTERSTOCK/HENADZI PECHANIlustrasi peternakan ayam pedaging.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrik pakan ayam bakal segera dibangun di Ngawi, Jawa Timur. PT Widodo Makmur Unggas (WMU) melakukan groundbreaking pabrik tersebut yang berlokasi di Kecamatan Widodaren.

Groundbreaking pabrik seluas 12,7 hektare (ha) tersebut dilakukan pada hari ini, Rabu (19/8/2020).

Pembangunan pabrik pakan ini dilakukan bertujuan untuk memastikan bahwa pemenuhan kebutuhan pakan unggas WMU terjaga kualitas dan konsistensinya.

Baca juga: Nasib Suram Peternak: Harga Telur Jeblok, Ongkos Pakan Mahal

Pabrik tersebut juga diharapkan berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja, terutama di Ngawi. Pembangunan pabrik yang bekerja sama dengan Fuji Electric Group itu menelan biaya Rp 650 miliar.

"Pabrik dijadwalkan beroperasi pada 2021", ujar Ali Mas'adi, Direktur Utama WMU dalam keterangan tertulis, Rabu.

Divisi-divisi WMU meliputi pakan, peternakan, penetasan dan rumah potong ayam. Adapun divisi hatchery menerapkan good manufacturing practice (GMP), sehingga menghasilkan produk day old chick (DOC) yang berkualitas.

Sementara itu, divisi peternakan yang dilakukan di beberapa lokasi commercial farm, dengan menerapkan good farming practice (GFP). Divisi usaha slaughter house atau rumah potong ayam (RPA) dikelola dengan menerapkan sistem good manufacturing practice (GMP).

Baca juga: Polemik Pakan Ikan Masih Mahal, Ini Kata Menteri KKP

"RPA kami akan menjadi RPA terbesar di Indonesia", sebut Ali.

Divisi feedmill WMU, memproduksi pakan ayam berkualitas tinggi. Feedmill WMU memasok kebutuhan pakan internal, kemitraan, dan pihak eksternal.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X