Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 Dibuka hingga Akhir Pekan

Kompas.com - 19/08/2020, 17:40 WIB
Pendaftaran gelombang 4 Kartu Prakerja telah dibuka. Instagram Kartu Prakerja @prakerja.go.idPendaftaran gelombang 4 Kartu Prakerja telah dibuka.

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja menyatakan pendaftaran gelombang 5 akan terus dibuka selama libur panjang.

Head of Communications PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan pendaftaran gelombang 5 akan ditutup pada hari Minggu, (23/8/2020) pukul 12.00 WIB.

"Pendaftaran gelombang 5 Kartu Prakerja masih akan kami buka selama liburan panjang ini agar lebih banyak lagi teman-teman yang dirumahkan atau pelaku usaha mikro dan kecil bergabung terutama dari Indonesia Timur," jelas Louisa dalam keterangannya, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Hari Ini, 800.000 Calon Peserta Prakerja yang Lolos Gelombang 4 Bakal Dapat Notifikasi

Lebih lanjut dia menjelaskan, hingga saat ini sudah ada 1,3 juta orang yang mendaftar program Kartu Prakerja dari seluruh Indonesia.

Untuk pembukaan pendaftaran pada gelombang berikutnya, baru akan diumumkan dalam beberapa waktu ke depan.

Louisa pun mengatakan berdasrakan hasil survei yang dilakukan terhadap 240.000 penerima Kartu Prakerja, banyak peserta yang sudah memulai usaha dengan memanfaatkan pelatihan yang mereka d

"Ada yang memulai usaha warung kopi, pembuatan kue, maupun desain grafis. Hal ini sejalan dengan tingginya minat penerima Kartu Prakerja terhadap pelatihan kategori penjualan dan pemasaran, F&B, dan lifestyle," jelas dia.

"Kartu Prakerja ikut mendukung pemulihan ekonomi nasional sekaligus pencapaian target pemerintah 4% penduduk Indonesia berwirausaha pada tahun 2030," ujar Louisa.

Untuk diketahui, pada gelombang 5 kali ini, Kartu Prakerja akan menjaring 800.000 peserta. Pembukaan pendafaran gelombang 5 sendiri telah dibuka sejak Sabtu, (15/8/2020) lalu.

Baca juga: Subsidi Gaji Tidak Diberikan untuk Peserta Kartu Prakerja

Setiap peserta Kartu Pra Kerja akan mendapatkan insentif sebesar Rp 3,55 juta. Insentif tersebut terdiri atas voucher Rp 1 juta untuk membeli pelatihan.

Kemudian, peserta yang telah menyelesaikan pelatihan akan mendapatkan insentif sebesar Rp 2,4 juta yang masing-masing besarannya Rp 600.000 per bulan. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan insentif dari pengisian survei sebesar Rp 150 ribu untuk tiga kali survei.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X