Cerita Pengusaha Sate Taichan Terpukul Corona, Kini Butuh Modal untuk Bangkit

Kompas.com - 20/08/2020, 11:13 WIB
Ilustrasi Sate Taichan BIGDISHIlustrasi Sate Taichan
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi virus corona (Covid-19) telah memukul banyak pelaku usaha di berbagai sektor, tak terkecuali pelaku usaha sate taichan di Jakarta.

Ananda Aurora Khaerunnisa (20 tahun), penjual sate taichan Tbob mengungkapkan omzetnya terpangkas 50 persen sampai 60 persen saat pandemi Covid-19 terjadi.

Ananda mengatakan usaha yang dirintis sejak 2016 oleh kakaknya, Alm. Putri Nur Anisa yang berlokasi di Jalan Ampera raya Jakarta Selatan, terpaksa harus pindah ke rumahnya di kawasan Pejaten.

Hal tersebut lantaran pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), membuat banyak kios terpaksa harus menutup usahanya.

Baca juga: Harga Emas Antam Turun Rp 28.000

Ananda bahkan harus mulai berjualan lewat Instagram sembari menunggu pendaftaran pengajuan penjualan makanan daring disetujui.

Berbekal promosi lewat para influencer di media sosial, ia mencaoba bertahan menjalani usahanya dan sejak April 2020 di akun Instagram @Satetaichantbob.

“Jualan konvensional dan online itu berbeda ya, keuntungannya menurun 50 persen sampai 60 persen. Dulu omzetnya Rp 5 juta sampai dengan Rp 7 juta per harinya dan bisa menghabiskan 2.500 sampai 3.000 tusuk per hari, sekarang hanya 600 – 700 tusuk dengan omzet paling maksimal Rp 2 juta,” ujar Ananda kepada Kompas.com, Selasa (18/8/2020).

AKibat pandemi Covid-19 juga, Ananda terpaksa memberhentikan dua orang karyawannya yang membantu usahanya selama ini. Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya operasional agar usahanya tetap mampu bertahan di tengah kondisi yang tidak pasti.

Baca juga: Libur Panjang, Ini Jadwal Keberangkatan KA di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X