AP II Terbitkan Obligasi Tahap II Senilai Rp 2,25 Triliun

Kompas.com - 20/08/2020, 11:30 WIB
Ilustrasi Angkasa Pura II. KOMPAS.com/Reska K. NistantoIlustrasi Angkasa Pura II.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) menerbitkan obligasi tahap II Tahun 2020 senilai Rp 2,25 triliun di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Obligasi tersebut terbagi di dalam 4 seri, yaitu Seri A sebesar Rp 32 miliar dengan bunga 7,80 persen per tahun dan jatuh tempo 13 Agustus 2023, kemudian Seri B sebesar Rp 159 miliar dengan bunga 8,50 persen per tahun dan jatuh tempo 13 Agustus 2025.

Lalu, Seri C sebesar Rp 1,6 triliun dengan bunga 9,10 persen per tahun dan jatuh tempo 13 Agustus 2027, dan Seri D sebesar Rp 457 miliar dengan bunga 9,25 persen per tahun dan jatuh tempo 13 Agustus 2030.  

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, kepercayaan investor di pasar modal cukup tinggi terhadap perseroannya.

Baca juga: Harga Emas Antam Turun Rp 28.000

“Pencatatan obligasi ini merupakan salah satu upaya kami dalam melakukan Cash Management secara ketat di tengah pandemi, di mana kami harus melakukan penyeimbangan antara cash in dan cash out demi menjaga operasional 19 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II,” ujar Awaluddin dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/8/2020).

Sementara itu, Direktur Keuangan Angkasa Pura II Dodit Wiweko Probojakti menambahkan, hasil dari penerbitan obligasi tersebut akan digunakan oleh perseroan antara lain untuk menjaga operational expenditure/opex maupun memperkuat belanja modal (capital expenditure/capex).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tahun ini pun kami melakukan penyesuaian terhadap belanja modal (Capex Disbursement), di mana belanja modal hanya dialokasikan untuk proyek multiyears dan yang benar-benar signifikan misalnya perencanaan desain Terminal 4 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Tahun ini bukan merupakan tahun ekspansi bagi kami, melainkan bagaimana harus menjaga stabilitas perusahaan,” kata Dodit.

Lebih lanjut, Dodit mengatakan hasil dari penerbitan obligasi ini membuat perseroan dapat tetap melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi tantangan akibat COVID-19, sekaligus nantinya dapat mengakomodir permintaan ketika lalu lintas penerbangan semakin pulih.

Adapun saat ini seluruh bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II tetap beroperasi guna menjaga konektivitas penerbangan di Indonesia.

Baca juga: Libur Panjang, Ini Jadwal Keberangkatan KA di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.