Masih WFH? Lakukan 5 Hal Ini agar Tetap Fokus Saat Kerja dari Rumah

Kompas.com - 20/08/2020, 15:01 WIB
ilustrasi bekerja dari rumah iSTOCK/SHIRONOSOVilustrasi bekerja dari rumah

NEW YORK, KOMPAS.com - Pandemi virus corona yang belum usai membuat perusahaan-perusahaan masih menerapkan kebijakan kerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi para pegawai.

WFH pun dalam praktiknya tidak mudah dilakukan. Selain harus membagi waktu dengan keluarga dan mengerjakan tugas rumah tangga, seringkali pegawai juga bekerja dalam durasi yang lebih lama ketimbang di kantor.

Selain itu, produktivitas juga menjadi tantangan, lantaran banyaknya distraksi saat kerja di rumah.

Baca juga: Izinkan Karyawannya WFH hingga Juli 2021, Facebook Berikan Tambahan Bonus

Dikutip dari Popsugar, Kamis (20/8/2020), berikut ini 5 hal yang bisa Anda lakukan agar tetap fokus saat kerja dari rumah.

1. Jangan lupa bersyukur

Dengan adanya pandemi virus corona, lingkungan kerja menjadi berubah. Selain itu, kerja dari rumah seringkali membuat pegawai tidak memiliki keyakinan cukup besar untuk melakukan pekerjaannya di hari itu.

Ketika kerja dari rumah, memang agak sulit untuk memiliki semangat yang sama dengan ketika kerja di kantor.

Nah, dalam kondisi seperti sekarang ini, jangan lupa bersyukur bahwa Anda masih memiliki pekerjaan. Buang jauh-jauh pola pikir "Enak sekali jika tidak harus bekerja" dari pikiran Anda.

Baca juga: WFH dan Remote Working, Apa Bedanya?

Mulailah hari dengan bersyukur bahwa Anda masih bisa menjalani hari, sehat, dan memiliki kemampuan untuk memperoleh penghasilan.

Jangan lupa sarapan makanan yang bergizi, berolahraga, meditasi, atau beribadah. Bersyukur dengan apa yang Anda miliki saat ini membantu menghilangkan risiko hilangnya motivasi.

2. Buat dan patuhi jadwal

Karena kerja dari rumah berarti tidak ada jam kerja resmi seperti halnya kerja di kantor, pastikan Anda mengatur waktu dengan baik.

Ingat, waktu berjalan dengan cepat, sehingga jika tidak mengatur waktu dengan baik, Anda bisa jadi tidak bisa menyelesaikan pekerjaan Anda.

Halaman:


Sumber Popsugar
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X