KILAS

Sudah Terbukti, Pembangungan Dam Parit Bisa Jaga Produksi Pangan

Kompas.com - 20/08/2020, 16:05 WIB
Ilustrasi dam parit Dok. Humas KementanIlustrasi dam parit


KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Direktorat Jenderal (Ditjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan pembangunan dam parit agar produksi pertanian tidak terganggu.

“Kami ingin pertanian bisa terus berproduksi dalam kondisi apa pun, termasuk saat musim kemarau dan Covid-19," tuturnya, seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Kamis (20/08/2020).

Untuk itu, ia berharap, dam parit bisa dimanfaatkan dengan baik oleh petani dan bisa berdampak pada peningkatan indeks pertanaman.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) PSP Sarwo Edhy menilai, pembangunan dam parit harus bisa meningkatkan produksi pertanian.

Baca juga: Kementan Rehabilitasi Talang Air Saluran Irigasi yang Putus di Lombok Barat

Dam parit harus dikelola dan dijaga dengan baik oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang ada,” kata Edhy.

Terlebih menurut Edhy, adanya pembangunan dam parit sudah dirasakan manfaatnya oleh petani yang tergabung di Kelompok Tani Sinar Sugih Mukti, Desa Sukarasa, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor.

"Mereka bisa melakukan tanam kedua di musim kemarau ini," kata Sarwo Edhy.

Sarwo Edhy menambahkan, keberhasilan pembangunan dam parit ini tentunya tidak terlepas dari peran tim teknis Dinas Pertanian Kabupaten Bogor.

Baca juga: Ini Wilayah yang Masih Terjadi Hujan saat Musim Kemarau Menurut BMKG

"Pemilihan teknis lokasi dam parit diutamakan pada lokasi yang terdapat parit alamiah, sungai kecil atau saluran drainase yang dapat ditampung dengan debit air memadai," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, air tersebut kemudian dibendung dan dialirkan bagi keperluan irigasi pada musim kemarau dengan minimal debit 5 liter per detik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X