Pertamina: Konsumsi BBM Berangsur Normal

Kompas.com - 21/08/2020, 07:11 WIB
Ilustrasi logo Pertamina. SHUTTERSTOCK/Joachim AffeldtIlustrasi logo Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region III (MOR III), melaporkan adanya kenaikan konsumsi BBM hingga pertengahan Agustus 2020.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III, Eko Kristiawan, mengatakan, konsumsi BBM pada masa transisi tatanan baru tahap II di wilayah MOR III, yakni Provinsi DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat telah mencapai 91 persen dari konsumsi pada masa normal, yakni periode Januari-Februari 2020 sebelum pandemi Covid-19.

Ia menjabarkan, untuk wilayah MOR III, rata-rata konsumsi harian BBM jenis Gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo), hingga pertengahan Agustus 2020 telah mencapai 23.808 Kilo Liter (Kl) per hari.

Baca juga: Kementerian ESDM: Konsumsi BBM Sempat Turun 80 Persen akibat PSBB

"Ini mencerminkan konsumsi BBM masyarakat mulai mendekati kondisi normal, yakni sekitar 91 persen dari normal 26.000 Kl per hari. Kondisi normal adalah konsumsi rata-rata harian pada periode Januari-Februari 2020 yakni kondisi sebelum pandemi Covid-19 diumumkan di Indonesia," tuturnya, dalam keterangan tertulis, Jumat (21/8/2020).

Sedangkan, konsumsi BBM jenis Gasoil (Biosolar, Dexlite dan Pertamina Dex) telah mencapai 8.281 Kl per hari, atau telah mencapai 85 persen dari konsumsi harian rata-rata pada kondisi normal periode Januari-Februari sekitar 9.811 Kl.

“Sejak pemerintah memberlakukan masa transisi tatanan baru tahap I pada Juni 2020, terutama untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, konsumsi BBM baik gasoline maupun gasoil berangsur meningkat,” ujar Eko.

Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan atau Ciayumajakuning, menjadi wilayah dengan kenaikan konsumsi BBM jenis gasoline terbesar, yakni konsumsi rata-rata hariannya pada bulan Agustus sudah mencapai 109 persen dari konsumsi normal.

Baca juga: Pertamina Jamin Ketersedian BBM di SPBU Tol Japek

Konsumsi normal wilayah tersebut mencapai sekitar 1.700 Kl, sementara pada Agustus sudah mencapai 1.900 Kl.

Lalu, untuk BBM jenis Gasoil, kenaikan konsumsi di Ciayumajakuning sudah mencapai 93 persen dari konsumsi kondisi normal.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X