Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Pengusaha Bioskop: Sudah Capek Berharap Terus

Kompas.com - 21/08/2020, 17:55 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bioskop menjadi salah satu sektor usaha yang belum mendapatkan izin dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk kembali buka.

Sebenarnya, izin sudah pernah diberikan namun dicabut kembali. Misalnya rencana pembukaan bioskop 29 Juli 2020, begitupula di masa PSBB 31 Juli-13 Agustus 2020. Teranyar, izin bioskop untuk bisa beroperasi di masa PSBB transisi 14-27 Agustus 2020 juga dibatalkan.

Pembatalan izin itu tertuang dalam revisi SK Disparekraf Nomor 2976 Tahun 2020 tentang Perpanjangan PSBB Masa Transisi dalam Penanganan Pencegahan Penularan Covid-19 di Sektor Usaha Pariwisata.

Baca juga: Bertahan di Tengah Pandemi, Apa Saja yang Bisa Dilakukan UMKM?

Ketua Gabungan Perusahaan Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Sjafruddin mengatakan, pihaknya tentu akan mengikuti ketentuan dari pemerintah. Namun, ia mengakui pengusaha bioskop merasa lelah sendiri karena izin pembukaan yang diberikan selalu berakhir dibatalkan.

"Dari dulu juga kami berharap (agar bioskop bisa dibuka lagi). Sudah 5 bulan bioksop di tutup. Sudah capek kita berharap terus," ungkapnya kepada Kompas.com, Jumat (21/8/2020).

Ia mengatakan, penutupan selama lima bulan sangat memukul bisnis industri tersebut. Djonny menuebut nilai kerugian sudah mencapai ratusan miliar rupiah.

Hal tersebut diakibatkan pengusaha harus tetap membayar biaya operasional. Misalnya membayar gaji karyawan untuk merawat bioskop hingga biaya sewa kepada pemilik gedung.

"Kerugian setiap manajemen (bioskop) tidak tahu berapa detilnya. Tentu banyak lah, kira-kira sudah ratusan miliar kerugiannya," kata dia.

Baca juga: Bioskop Selalu Batal Dibuka, Asosiasi: Ini Bikin Menderita Jutaan Orang...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com