Ekonom Sarankan Pemerintah Libatkan UMKM dalam Penyaluran Bansos

Kompas.com - 22/08/2020, 06:30 WIB
Ekonom dari Core Hendri Saparini KOMPAS.COM/RINA AYU LARASATIEkonom dari Core Hendri Saparini
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom senior & pendiri CORE Indonesia Hendri Saparini menyarankan pemerintah agar mau melibatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menyediakan Bantuan Sosial (Bansos) ke masyarakat dengan menyerap produk -produk usaha mereka.

"Pemerintah semestinya lebih melibatkan UMKM dalam Bansos, seperti menyerap produk-produk UMKM lebih besar lagi dalam Bansos sembako," dalam diskusi BRIEFER.id yang disiarkan secara virtual, Jumat (21/8/2020).

Menurutnya dengan diserapnya produk-produk UMKM ke dalam Bansos bisa memberikan kontribusi besar bagi pelaku UMKM dalam menjaga kelangsungan bisnisnya.

Baca juga: Kejar Target Substitusi Impor 35 Persen, Begini Strategi Pemerintah

Sebab menurut dia, pandemi Covid-19 membuat pelaku usaha merana lantaran produknya tidak terserap pasar.

Selain itu, Hendri juga meminta pemerintah agar mau memanfaatkan produk-produk buatan UKM untuk digunakan sebagai produk kebutuhan yang dicari saat ini. Misalnya saja seperti produk kesehatan yang saat ini banyak dibutuhkan oleh pemerintah.

Pelaku UMKM pun didorong agar mau menciptakan produk-produk ini, sehingga bisa dimanfaatkan oleh pemerintah. Ia yakin, penyerapan produk UMKM bisa membantu pelaku usaha tumbuh di tengah pandemi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan begitu pemerintah tidak akan berikan stimulus dana tapi bisa mencarikan stimulus untuk market bagi produk-produk mereka juga," kata dia.

Baca juga: Tak Punya Rekening Bank, Apa Masih Bisa Terima Subsidi Gaji?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.