Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Pantau Arus Balik Libur Panjang di Tol Cikopo hingga Jakarta

Kompas.com - 23/08/2020, 18:27 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan ke sepanjang jalur tol dari Jakarta hingga Cikopo, Jawa Barat.

Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya puncak arus balik libur panjang yang diprediksi terjadi pada hari ini, Minggu (23/8/2020).

“Kami berharap tidak ada lonjakan yang signifikan pada hari ini, namun Kemenhub bersama Korlantas Polri dan Jasa Marga tetap siaga bersinergi untuk melakukan antisipasi jika terjadi lonjakan kendaraan,” ujar Budi dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Baca juga: Waspada Macet, Jasa Marga Lakukan Pemeliharaan Jalan Tol Jagorawi

Budi menambahkan, masyarakat mulai memanfaatkan libur di akhir pekan untuk berkendara melalui jalan darat di masa adaptasi kebiasaan baru ini.

Untuk itu, para pihak terkait harus bisa memberikan kepastian bahwa semua sarana dan prasarana dapat melayani dengan baik, termasuk fasilitas-fasilitas di rest area yang tentunya tetap wajib menerapkan protokol kesehatan.

“Libur panjang akhir minggu ini bisa menjadi pembelajaran dan latihan untuk menghadapi perilaku masyarakat yang mulai memanfaatkan libur akhir minggu untuk melakukan perjalanan seperti berwisata melalui jalan darat,” kata Budi.

Budi mengimbau kepada masyarakat agar tidak kembali pada waktu bersamaan pada puncak arus balik untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan dan menyebabkan kemacetan yang parah.

Baca juga: Libur Panjang, Ini Jadwal Keberangkatan KA di Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Dia juga mengingatkan, agar masyarakat memastikan kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima serta mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan, dan jaga jarak) saat berada di tempat istirahat (rest area).

Berdasarkan informasi dari Jasa Marga, sejak H-1 hingga H+1 (19-21 Agustus 2020) libur panjang Tahun Baru Islam, tercatat sebanyak 460.792 kendaraan bergerak mengarah ke luar Jakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com