Semester I-2020, Laba Bersih BRI Syariah Melonjak 229 Persen

Kompas.com - 24/08/2020, 12:08 WIB
Logo BRI Syariah KOMPAS.com/JOSEPHUS PRIMUSLogo BRI Syariah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank BRI Syariah Tbk (BRIS) membukukan laba bersih sebesar Rp 117,2 miliar sepanjang semester I-2020. Pencapaian itu melonjak 229,6 persen dari kinerja pada periode yang sama tahun 2019.

Sementara aset BRI Syariah tercatat meningkat 34,75 persen menjadi sebesar Rp 49,6 triliun di akhir Juni 2020.

"Peningkatan laba bersih BRI Syariah didukung oleh optimalisasi fungsi intermediari yang diikuti dengan pengendalian beban biaya dana," ungkap Direktur Operasional BRI Syariah Fahmi Subandi dalam konferensi pers virtual, Senin (24/8/2020).

Baca juga: BRI Syariah: Penyaluran KUR Sektor Nonproduksi Akan Semakin Mudah

Perseroan telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 37,4 triliun pada paruh pertama 2020 atau tumbuh 55,92 persen dari periode sama tahun lalu.

Pertumbuhan pembiayaan yang signifikan ditopang segmen ritel (UKM, mikro, dan konsumer) untuk memberikan imbal hasil yang lebih optimal.

Secara rinci, penyaluran pembiayaan untuk segmen mikro sebesar Rp 5,4 triliun menjadi pembiayaan dengan tingkat pertumbuhan tertinggi dan memberikan kontribusi terbesar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembiayaan ke segmen konsumer Rp 2,5 triliun, juga segmen kecil menengah dan kemitraan sebesar Rp 2,2 triliun.

Baca juga: BRI Syariah Luncurkan Kurban Digital, Apa Itu ?

Ia mengatakan, salah satu pendorong pertumbuhan pembiayaan BRI Syariah khususnya mikro adalah digitalisasi proses pembiayaan lewat aplikasi i-Kurma. Perseroan mengoptimalkan aplikasi tersebut sebagai langkah transformasi digital dalam proses pembiayaan.

"Ini terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja BRI Syariah, mengingat tenaga pemasar pembiayaan dimungkinkan untuk bekerja secara efektif dan efisien di tengah adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi corona," jelasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.