Ditargetkan Beroperasi Tahun Ini, Pelabuhan Patimban Akan Lebih Besar dari Tanjung Priok

Kompas.com - 24/08/2020, 13:37 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek Pelabuhan Patimban, Minggu ( 9/8/2020). Dokumentasi KemenhubMenhub Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek Pelabuhan Patimban, Minggu ( 9/8/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, menargetkan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Subang, Jawa Barat, mulai beroperasi tahun ini.

Pelabuhan tersebut disebut akan lebih besar dibandingkan Pelabuhan Tanjung Priok.

"Kita bangun Patimban yang lebih besar dari Priok dan diharapkan bisa launching tahun ini," katanya, dalam diskusi virtual, Senin (24/8/2020).

Baca juga: Menhub Targetkan Pelabuhan Patimban Beroperasi November 2020

Budi mengatakan, pembangunan Pelabuhan Patimban merupakan salah satu upaya Kementerian Perhubungan untuk meningkatkan konektivitas antar pulau melalui sarana transportasi laut.

Pada tahap pertama, Pelabuhan Patimban direncanakan akan dapat melayani 3,75 juta peti kemas (TEUs).

Bukan hanya Pelabuhan Patimban, mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu menjelaskan, pihaknya juga tengah menyelesaikan pembangunan pelabuhan-pelabuhan lain.

"Kita juga membangun Pelabuhan Kijing. Kijing adalah suatu pelabuhan di barat Kalimantan Barat, di Kabupaten Mempawah. Kita juga membangun Pelabuhan Gili Mas, di Lombok," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Pelabuhan Patimban diproyeksi dapat diselesaikan untuk tahap I pada bulan Oktober 2020, sehingga bisa dilakukan soft launching pada November mendatang.

Baca juga: Kemenhub Gandeng PLN untuk Pasok Listrik di Pelabuhan Patimban

Saat ini proyek sudah memasuki proses finalisasi, seperti pemasangan ramp on/ramp off dari jalan akses, penetapan alur pelayaran dan perairan pandu, pemilihan operator, dan sejumlah hal lainnya.

Pembangunan Pelabuhan Patimban dilaksanakan dalam 3 Tahap. Tahap pertama, Pelabuhan Patimban direncanakan akan dapat melayani 3,75 TEUs.

Tahap kedua, kapasitas pelayanan akan meningkat menjadi 5.5 Juta TEUS dan pada tahap ketiga akan meningkat kembali hingga 7 juta TEUS (ultimate).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X