OJK Ingatkan Perusahaan Asuransi untuk Hati-hati Kelola Aset di Tengah Pandemi

Kompas.com - 24/08/2020, 18:33 WIB
Logo OJK KOMPAS.com/BAMBANG P. JATMIKOLogo OJK

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan ( OJK) meminta kepada para pelaku usaha industri asuransi untuk lebih berhati-hati dalam mengelola portofolio investasi, khususnya yang berada di pasar modal, selama pandemi Covid-19 masih merebak.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Non Bank OJK, Riswinandi mengatakan, berdasarkan data terakhir, portofolio investasi industri asuransi di produk pasar modal mencapai sekitar 80 persen.

"Seperti saham, reksa dana, obligasi, dan lain-lain," katanya, dalam sebuah diskusi virtual, Senin (24/8/2020).

Baca juga: OJK Batasi Kegiatan Usaha Asuransi Kresna

Oleh karenanya, apabila terjadi suatu guncangan di pasar modal, hal tersebut akan langsung berimbas kepada industri asuransi.

Di tengah pandemi Covid-19, kondisi pasar modal masih dibayang-bayangi oleh ketidakstabilan. Dengan demikian, Riswinandi meminta kepada para pelaku usaha industri asuransi untuk lebih berhati-hati mengelola portofolio yang dimiliki.

"Kami meminta perusahaan asuransi agar lebih berhati-hati dalam pengelolaan aset dan lialibility managementnya," kata dia.

Menurutnya, hal tersebut juga dapat menjaga reputasi industri asuransi yang belakangan ini kerap diterpa isu gagal bayar.

"Ini penting sekali menjadi perhatian, mengingat perkembangan yang akhir-akhir ini kita lihat," katanya.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Putuskan Investasi di Tengah Ekonomi Melemah

Kendati demikian, Riswinandi memastikan, saat ini kondisi industri asuransi masih dalam kondisi sehat. Ini terefleksikan dengan rasio risk based capital (RBC) industri asuransi jiwa sebesar 688,1 persen dan untuk industri asuransi kerugian 319 persen.

"Ini tentu masih di ata threshold 120 persen," ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X