Imbas Virus Corona, Maskapai Ini Bakal Rumahkan Hampir 2.000 Pilot

Kompas.com - 25/08/2020, 15:42 WIB
Pesawat Delta Airlines. SHUTTERSTOCKPesawat Delta Airlines.

NEW YORK, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan asal Amerika Serikat, Delta Air Lines berencana merumahkan 1.941 pilot pada Oktober 2020 mendatang.

Ini terjadi di tengah upaya bertahan yang dilakukan industri penerbangan lantaran terdampak pandemi virus corona.

"Kami telah menyatakan sebelumnya bahwa pensiun dini saja tidak akan menyelesaikan situasi kelebihan pilot akibat pandemi Covid-19," ujar John Laughter, senior vice president of flight operations Delta seperti dikutip dari CNN, Selasa (25/8/2020).

Baca juga: Lagi, Maskapai Emirates PHK Pilot dan Awak Kabin

Laughter menyebut, Delta bisa saja menghindari atau menurunkan kebijakan merumahkan pilot apabila kesepakatan penurunan biaya disepakati dengan asosiasi pilot maskapai tersebut, serta jika dana talangan CARES Act dilanjutkan.

"Meski memungkinkan, tapi jauh dari kepastian dan kmai harus terus mengambil langkah yang diperlukan untuk mengelola bisnis. Sangat penting bagi pemulihan Delta bahwa kami mengurangi kapasitas dengan mempertimbangkan berlanjutnya jalan yang penuh ketidakpastian ke depan," imbuh Laughter.

Dana talangan pemerintah AS yang dikenal dengan nama CARES Act akan berakhir pada September 2020. Industri penerbangan yang menerima dana talangan tersebut dilarang memangkas jumlah, merumahkan, atau memangkas gaji pegawai.

Delta sendiri menerima dana CARES Act sebesar 5,4 miliar dollar AS.

Baca juga: Dirut Garuda: 135 Pilot Garuda Bukan Di-PHK, tapi Dipercepat Masa Kontrak Kerjanya

Adapun saat ini Delta memiliki 11.200 orang pilot aktif. Laughter memproyeksikan Delta harus merumahkan 9.450 pilot untuk jadwal musim panas tahun 2021 mendatang, yang menurutnya merupakan periode puncak penerbangan untuk tahun depan.

Pada Mei 2020 lalu, Delta telah memperingatkan para pegawainya terkait potensi pemangkasan jumlah pegawai.

Halaman:


Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X