Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Infrastruktur Tertunda akibat Covid-19, Konsumsi Semen Nasional Turun

Kompas.com - 26/08/2020, 14:11 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengakibatkan berbagai program pembangunan infrastruktur pemerintah tertunda.

Hal tersebut kemudian berimbas terhadap menurunnya konsumsi semen nasional.

Direktur Marketing & Supply Chain PT Semen Indonesia Group (SIG), Adi Munandir, mengatakan, langkah pemerintah melakukan relokasi anggaran, yang difokuskan untuk penanganan pemerintah berdampak terhadap menurunnya konsumsi semen nasional hingga 7,7 persen pada semester I-2020.

Baca juga: Hadapi New Normal, Ini yang Dilakukan Semen Indonesia

“Pembangunan infrastruktur ikut terdampak dimana sebagian proyek infrastruktur mengalami perlambatan dan penundaan. Hal ini pun mempengaruhi kondisi industri semen dimana pada semester I tahun 2020, konsumsi semen nasional mengalami penurunan sebesar 7,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019," tuturnya, dalam konferensi pers virtual, Rabu (26/8/2020).

Dengan terhambatnya proyek-proyek infrastruktur tersebut, Adi menyebutkan adanya peluang baru yang bisa dimanfaatkan oleh perseroan, yakni melalui program hilirisasi seperti pembangunan rumah.

Selain itu, SIG juga melakukan hilirasi produk dengan melakukan renovasi rumah secara ritel. Adi mengatakan, permintaan akan renovasi ritel masih bergerak secara stabil.

"Kami melihat ini sebagai pendorong permintaan semen baru di tengah masa pandemi seperti sekarang dan harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin," katanya.

Baca juga: Kuartal I 2020, Semen Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp 446 Miliar

SIG juga tidak menutupi kemungkinan untuk menjajaki pasar ekspor baru. Pasalnya, permintaan dari luar negeri masih muncul.

Sebagai informasi, total kapasitas produksi semen nasional mencapai 112 juta ton, sementara konsumsi semen nasional di tahun 2019 sebesar 69,8 juta ton terdiri dari konsumsi ritel sebesar 73 persen, dan konsumsi semen curah sebesar 27 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com