Erick Thohir Ancam Copot Direksi yang Tak Terapkan ISO Anti-penyuapan

Kompas.com - 26/08/2020, 14:25 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir mengancam akan mencopot direksi perusahaan pelat merah yang tak mau menerapkan Standar Manajemen Mutu ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). 

“Ini yang memang saya juga sudah minta Sesmen untuk melakukan pemantauan yang intensif dengan adanya target. Kalau sampai akhir tahun tidak dilakukan juga ya kita copot aja direksinya,” ujar Erick dalam acara Aksi Nasional Pencegahan Korupsi, Rabu (26/8/2020).

Erick menambahkan, semua perusahaan pelat merah wajib menerapkan Standar Manajemen Mutu ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). 

Baca juga: Bank-bank BUMN Telah Merestrukturisasi Kredit Rp 470,6 Triliun

Kendati begitu, hingga saat ini belum semua BUMN menerapkannya.

"Alhamdulillah kita mengeluarkan pada bulan Februari bahwa semua BUMN wajib melakukan ISO 37001 itu. Alhamdulillah saya belum puas, hari ini saya mendapat laporan itu baru 53 persen. Tapi, saya akan push terus kalau bisa 100 persen,” kata mantan bos Inter Milan itu.

Erick menjelaskan, sistem ini diterapkan dalam rangka transformasi BUMN. Atas dasar itu, dia berharap semua perusahaan pelat merah mau menerapkannya.

“Kalau tidak dilakukan akhirnya transformasi, GCG, transparansi tidak bisa berjalan,” ucap dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X