Ada Pandemi Corona, Layanan GoSend Naik hingga 90 Persen

Kompas.com - 26/08/2020, 19:10 WIB
Ilustrasi pengiriman paket saat masa wabah virus corona. Ilustrasi pengiriman paket saat masa wabah virus corona.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama mewabahnya pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang memenuhi kebutuhannya dengan berbelanja secara online.

Hal ini pun membuat transaksi pengiriman barang melalui GoSend ikut naik.

Head of Logistics Gojek Group Junaidi menyatakan, selama masa pandemi ini, pihaknya mengalami peningkatan transaksi pengiriman barang sebanyak 90 persen.

Baca juga: Gojek Luncurkan GoSend Web Portal, Bisa Dikirim Banyak Barang dalam Sekali Pengiriman

"Kami mencatatkan selama pandemi ini Gosend mengalami kenaikan jauh signifikan, ada 90 persen," ujarnya dalam jumpa pers virtual, Rabu (26/8/2020).

Menurut dia angka ini telah melejit naik berkat didorongnya beberapa faktor. Pertama adalah adanya perubahan konsumsi masyarakat yang terjadi selama pandemi.

"Yang biasanya orang kalau bosan atau senggang pengen makan di luar atau ke mal, tapi sekarang orang lebih memilih di rumah aja. Kebutuhan yang lebih diutamakan itu pun sekarang kebutuhan primer," jelasnya.

Lalu yang kedua, kata dia, adalah karena adanya himbauan pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, membuat masyarakat lebih memilih diam di rumah, sehingga mendorong mereka untuk memesan barang kebutuhannya secara online.

Baca juga: GoSend dan Paxel Perluas Layanan Gosend Intercity Delivery ke Yogyakarta, Solo dan Semarang

"Kami melihat selama bulan Maret sampai Juli itu benar-benar naik signifikan untuk pengiriman," ungkapnya.

Sementara untuk jenis barang yang paling banyak dikirimkan adalah makanan dan minuman, baju atau pakaian, serta barang-barang kebutuhan rumah tangga lainnya.

Bahkan, lanjut dia, melalui layanan yang baru saja diluncurkan sejak April lalu yaitu Gosend Intercity Delivery, juga mengalami peningkatan hingga 3 kali lipat dan untuk kategori makanan dan minuman adalah kategori yang paling mendominasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X