Kian Kaya di Tengah Pandemi, Jeff Bezos Jadi Orang Pertama di Dunia yang Hartanya Tembus Rp 2.940 Triliun

Kompas.com - 27/08/2020, 13:27 WIB
CEO Amazon, Jeff Bezos, ketika memberikan pernyataan di sidang yang digelar DPR AS, Rabu (29/7/2020). ReutersCEO Amazon, Jeff Bezos, ketika memberikan pernyataan di sidang yang digelar DPR AS, Rabu (29/7/2020).

NEW YORK, KOMPAS.com - Nilai kekayaan Jeff Bezos pada Rabu (26/8/2020) mencapai 200 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.940 trilliun (kurs Rp 14.700).

Dengan demikian, pria berusia 56 tahun itu kini menjadi orang pertama di dunia yang memiliki nilai kekayaan mencapai 200 miliar dollar AS.

Dikutip dari Forbes, Kamis (27/8/2020) lonjakan kekayaan yang dialami Bezos dipicu oleh kenaikan harga saham Amazon sebesar 2 persen. Dengan lonjakan harga saham Bezos, kekayaan Bezos pun bertambah 4,9 miliar dollar AS.

Baca juga: Kesulitan Saat Harus Ambil Keputusan? Ini Saran dari Jeff Bezos

Bahkan pada perdagangan siang hari waktu setempat, nilai kekayaan pendiri dan CEO Amazon tersebut menembus 204,6 miliar dollar AS. Dengan demikian, kekayaan Bezos lebih banyak 90 miliar dollar AS dibandingkan orang terkaya kedua di dunia, Bill Gates yang saat ini kekayaannya sebesar Rp 116,1 miliar dollar AS.

Sementara mengutip Bloomberg, Kamis (27/8/2020), nilai kekayaan Bezos tersebut dua kali lebih besar dibandingkan CEO Tesla Elon Musk yang kekayaannya juga melonjak menjadi 101 miliar dollar AS.

Kekayaan mantan istri

Dengan lonjakan harga saham Amazon tersebut, mantan istri Bezos MacKenzie Scott pun hampir mencapai posisi sebagai perempuan paling kaya di dunia. Kini, MacKanzie berada di posisi perempuan terkaya nomor dua di dunia, setelah pewaris L'Oreal SA Francoise Bettencourt Meyers.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lonjakan kekayaan yang dialami oleh Bezos, Musk, serta orang terkaya di dunia menunjukkan titik tertinggi akumulasi kekayaan orang terkaya di dunia yang disebabkan oleh lonjakan harga saham di tengah bencana kemanusiaan dan kerugian ekonomi akibat pandemi.

Sepanjang tahun 2020, nilai harta 500 orang yang terdaftar dalam Bloomberg Billionaire Index telah meningkat 809 miliar dollar AS atau sekitar 14 persen meski pandemi menyebabkan merosotnya produk domestik bruto (PDB) negara-negara di dunia, serta peningkatan pengangguran besar-besaran.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.