Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.642 Hotel Tutup akibat Pandemi, Kadin: Kalau Mau Beli, Sekarang Lagi Murah

Kompas.com - 27/08/2020, 16:46 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komite Tetap Hubungan Industrial Kadin Indonesia Soeprayitno mengatakan, lebih dari 1.600 hotel di Indonesia tutup akibat pandemi virus corona (Covid-19).

"Ada 1.642 hotel di 31 provinsi itu tutup karena tidak ada yang datang. Kalau sekarang ada Banyuwangi dan Bali berani membuka pariwisata, tetapi di Jakarta masih belum," katanya dalam webinar virtual, Kamis (27/8/2020).

 "Di Jakarta ada sekitar 100 hotel, tapi yang paling terdampak itu di Jawa Barat 500," tambah dia.

Baca juga: Kadin: Sekitar 30 Juta UMKM Tutup karena Pandemi Covid-19

Dari kondisi saat ini, Soeprayitno justru menganjurkan bagi masyarakat atau investor yang tertarik ingin membeli hotel maupun losmen, tahun ini saatnya. Sebab, harga hotel yang telah ditutup dijual dengan harga murah.

"Jadi kalau beli hotel dan losmen, hari ini murah. Jadi kalau mau beli, lagi murah-murahnya," ucapnya.

Sektor pariwisata menjadi sektor yang paling terpukul karena mewabahnya pandemi Covid-19. Jumlah kunjungan tamu menurun drastis.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sekaligus Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani mengatakan tingkat okupansi hotel yang tercatat pada bulan Mei 2020 di Indonesia hanya 14,45 persen.

"Jumlah penerbangan domestik pun juga ikut menurun, dibandingkan dengan Mei tahun lalu turun sekitar 98,34 persen. Sementara potensi yang hilang dari industri pariwisata bisa sampai 6 miliar dollar AS selama Januari-Juni 2020," ujarnya dalam diskusi Planet Tourism Indonesia 2020 yang diselenggarakan oleh MarkPlus secara virtual, Rabu (29/7/2020).

Selain itu, Haryadi juga mengatakan, bahwa ada sekitar 2.000 hotel dan restoran yang tutup pada kuartal II tahun 2020, dengan kerugian masing-masing mencapai Rp 40 triliun dan Rp 45 triliun.

Baca juga: Ekonomi RI Minus, Kadin: Rebound Amat Bergantung pada Stimulus Pemerintah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com