Sepi Kerjaan Saat Pandemi, Penata Rias Bisa Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 27/08/2020, 17:11 WIB
Makeup Artist Alyssa Hawadi ketika mendemonstrasikan Makeup Look Glow dalam acara peluncuran Wardah New Exclusive Series di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2019). KOMPAS.com/Nabilla TashandraMakeup Artist Alyssa Hawadi ketika mendemonstrasikan Makeup Look Glow dalam acara peluncuran Wardah New Exclusive Series di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 menghantam seluruh sektor usaha, dari korporasi hingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Usaha di bidang jasa seperti fotografer, hairstylist alias penata rambut, hingga makeup artist atau penata rias tak lepas dari ancaman sepi klien.

Beberapa pelaku usaha di industri jasa ini mengaku sepi panggilan sehingga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Baca juga: Penjualan Kosmetik di China Melonjak pada Maret 2020, Covid-19 Mereda?

"Covid-19 ini adalah hal yang unexpected (tidak disangka). Jujur saja saat ini terjadi, yang biasanya merias seharian tiba-tiba enggak ada jadwal sama sekali. Saya merasa di-press, bukan stres lagi," kata penata rias Allyssa Hawadi pada acara Bincang Shopee, Kamis (27/8/2020).

Kendati demikian, Allyssa belajar banyak dari pandemi yang terjadi. Menurutnya, pandemi Covid-19 membuatnya memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan para pengikutnya di media sosial.

Komunikasi yang lebih intens membuat jasanya makin dikenal, sehingga panggilan demi panggilan klien tetap ada di bulan-bulan mendatang, bahkan tahun depan.

Langkah ini juga bisa jadi inspirasi para penyedia jasa lainnya.

"Itu waktu yang tepat untuk engage sosmed, banyak mulai memperkenalkan diri kita lagi, karena selama pandemi orang banyak menghabiskan waktunya untuk scroll media sosialnya. Ini justru waktu yang optimal untuk menjual diri (jasa) lagi," ucapnya.

Baca juga: 7 Pekerjaan Ini Jadi Populer Setelah Pandemi Covid-19

Seorang penata rias lainnya, Fauzia Hanum menambahkan, masa pandemi juga merupakan waktu yang tepat untuk menyusun portofolio jasa secara online (online portfolio).

Misalnya jika Anda adalah seorang penata rias, Anda bisa mengasah keahlian merias dan meng-uploadnya di media sosial. Hal ini membuat pengikut Anda di sosmed menjadi lebih mengenal hasil riasan, dan bahkan tertarik untuk menggunakan jasa.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X