Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepi Kerjaan Saat Pandemi, Penata Rias Bisa Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 27/08/2020, 17:11 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 menghantam seluruh sektor usaha, dari korporasi hingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Usaha di bidang jasa seperti fotografer, hairstylist alias penata rambut, hingga makeup artist atau penata rias tak lepas dari ancaman sepi klien.

Beberapa pelaku usaha di industri jasa ini mengaku sepi panggilan sehingga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Baca juga: Penjualan Kosmetik di China Melonjak pada Maret 2020, Covid-19 Mereda?

"Covid-19 ini adalah hal yang unexpected (tidak disangka). Jujur saja saat ini terjadi, yang biasanya merias seharian tiba-tiba enggak ada jadwal sama sekali. Saya merasa di-press, bukan stres lagi," kata penata rias Allyssa Hawadi pada acara Bincang Shopee, Kamis (27/8/2020).

Kendati demikian, Allyssa belajar banyak dari pandemi yang terjadi. Menurutnya, pandemi Covid-19 membuatnya memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan para pengikutnya di media sosial.

Komunikasi yang lebih intens membuat jasanya makin dikenal, sehingga panggilan demi panggilan klien tetap ada di bulan-bulan mendatang, bahkan tahun depan.

Langkah ini juga bisa jadi inspirasi para penyedia jasa lainnya.

"Itu waktu yang tepat untuk engage sosmed, banyak mulai memperkenalkan diri kita lagi, karena selama pandemi orang banyak menghabiskan waktunya untuk scroll media sosialnya. Ini justru waktu yang optimal untuk menjual diri (jasa) lagi," ucapnya.

Baca juga: 7 Pekerjaan Ini Jadi Populer Setelah Pandemi Covid-19

Seorang penata rias lainnya, Fauzia Hanum menambahkan, masa pandemi juga merupakan waktu yang tepat untuk menyusun portofolio jasa secara online (online portfolio).

Misalnya jika Anda adalah seorang penata rias, Anda bisa mengasah keahlian merias dan meng-uploadnya di media sosial. Hal ini membuat pengikut Anda di sosmed menjadi lebih mengenal hasil riasan, dan bahkan tertarik untuk menggunakan jasa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com