Bappenas Prediksi Jumlah Pengangguran Tahun Ini Capai 11 Juta Orang

Kompas.com - 27/08/2020, 19:06 WIB
Ilustrasi pengangguran shutterstock.comIlustrasi pengangguran

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian PPN/Bappenas Mahatmi Parwitasari Saronto menyebut, angka pengangguran di tahun 2020 akan mencapai 11 juta orang.

"Kami memperkirakan angka pengangguran di tahun 2020 bertambah 4-5 juta orang menjadi 11 juta penganggur," katanya dalam webinar virtual, Kamis (27/8/2020).

Bertambahnya angka pengangguran didasarkan asumsi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hingga akhir tahun ini hanya mencapai sekitar minus 0,4 persen hingga 1 persen terhadap produk domestik bruto (PDB).

Baca juga: Target Jokowi 2021, dari Angka Pengangguran hingga Kemiskinan

"Karena ekonomi kita diasumsikan tumbuh cukup rendah. Diperkirakan sampai akhir tahun itu minus 0,4 persen sampai 1 persen," ujarnya.

Dengan kondisi pertumbuhan ekonomi tersebut, maka menurut dia, hingga akhir tahun diperkirakan hanya ada 300.000 pekerja yang terserap.

"Kami memperkirakan pertumbuhan ekonomi yang biasanya dapat mencapai sekitar 1 persen tiap pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja sekitar 500.000 itu tidak mampu. Dan hanya mencapai 300.000," jelasnya.

Sedangkan, untuk tahun 2021, diproyeksikan akan ada pengangguran 10,7 juta sampai 12,7 juta. Sementara, pada tahun yang sama, pertumbuhan ekonomi akan rebound dan tumbuh cukup tinggi sekitar 4,5 persen sampai 5 persen.

Baca juga: Akibat Covid-19, Jumlah Pengangguran RI Bertambah 3,7 Juta

Sebelumnya, pemerintah memasang target angka tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada tahun 2020, mencapai sekitar 5 persen, tanpa adanya pandemi Covid-19.

"Namun karena adanya Covid, layoff, kemudian adanya angkatan kerja baru sekitar bulan Juni ini dan tidak melanjutkan pendidikan di atasnya maka TPT pada tahun ini kami perkirakan 8,1 sampai 9,2 persen," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X