Ini Kunci agar UMKM Indonesia Bisa Naik Kelas

Kompas.com - 27/08/2020, 22:01 WIB
Ilustrasi UMKM shutterstock.comIlustrasi UMKM
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Eddy Satriya menyatakan ada beberapa kunci dalam proses digitalisasi UKM agar bisa berkembang dan naik kelas.

"Kunci pertama agar UKM naik kelas itu harus memperhatikan proses produksi, memperhatikan distribusi, memperhatikan pembiayaan (cashless), memperhatikan pemasaran dan satu lagi memperhatikan manajemen," ujarnya mengutip keterangan resmi, Kamis (27/8/2020).

Menurut dia langkah ini penting dilakukan sembari menjaga konsolidasi UMKM dengan menyiapkan sentra-sentra produksi untuk menarik market yang lebih besar.

Baca juga: Erick Thohir Sebut Biaya Tes Corona Pakai Laser Lebih Murah dari Rapid Test

Eddy mengatakan, dengan mengkonsolidasikan digitalisasi UMKM yang menyebar di berbagai kementerian dan lembaga dengan leading sektor KemenkopUKM, bisa membuat semua kementerian dan lembaga tersebut memiliki 1 desain pengembangan UMKM.

Program sinergi tersebut antara lain, melalui Gerakan Belanja di Warung Tetangga. Gerakan ini merupakan kolaborasi KemenkopUKM dengan sembilan BUMN Klaster Pangan, Bulog, dan PTPN yang menghubungkan warung tradisional untuk masuk ke dalam platform daring serta menyediakan stok bahan baku yang mudah dengan harga yang kompetitif.

"Sehingga, mereka dapat bersaing dengan ritel moderen," imbuh Eddy.

Di samping itu dia juga bilang ada Laman Khusus UMKM pada e-katalog LKPP, yang melibatkan UMKM dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah. Saat ini Jumlah pelaku UMKM yang tercatat dalam pengadaan pemerintah secara elektronik mencapai 1.237 penyedia dengan potensi total nilai paket pengadaan pemerintah bagi pelaku usaha kecil sebesar Rp 310 triliun.

Baca juga: Antam: Harga Emas Masih Bisa Naik

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X