GoFood Dukung Mitra UMKM Perkuat Kompetensi Keamanan Digital

Kompas.com - 28/08/2020, 07:37 WIB
Interaksi mitra pengemudi Gojek dengan mitra restoran GoFood. Dok Humas GojekInteraksi mitra pengemudi Gojek dengan mitra restoran GoFood.

JAKARTA, KOMPAS.com - GoFood, salah satu layanan di ekosistem Gojek, mendukung para mitra yang berasal dari Usaha, Mikro Kecil dan Menegah ( UMKM) untuk memperkuat keamanan digitalnya sembari menjalankan bisnis. 

Head of Merchant Platform Business Gojek Novi Tandjung menyatakan, salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan berbagai edukasi kepada seluruh mitra usahanya.

" Upaya ini adalah bagian dari komitmen kami untuk mengimbangi semakin tingginya jumlah UMKM yang go-digital, terutama di masa pandemi. Setidaknya, ada lebih dari 120.000 UMKM mendorong pivot bisnisnya ke digital dengan memutuskan #MelajuBersamaGojek, sehingga bisa memperoleh akses terhadap solusi komprehensif (hulu ke hilir) dan inklusif bagi jutaan UMKM," ujarnya mengutip siaran pers, Jumat (28/8/2020).

Baca juga: Bertahan dari Pandemi, UMKM Mitra GoFood Terpaksa Pinjam Uang ke Keluarga

Menurutnya, sangat penting untuk menjaga kerahasiaan data usaha dan data pribadi para mitra bisnisnya.

Apalagi kompetensi keamanan digital yang baik kini menjadi kunci utama dalam melindungi diri saat dihadapkan dengan upaya penipuan dengan teknik rekayasa sosial yang tengah menjadi tren modus penipuan digital.

Oleh sebab itu, Gojek telah melengkapi aplikasi GoBizz-nya dengan berbagai fitur kemananan.

“Aplikasi GoBiz super app untuk para mitra usaha ini, telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, di antaranya verifikasi PIN validasi terhadap driver yang mengambil pesanan, fitur pengaturan peran pengguna untuk akses pemilik, manajer, dan kasir, dan fitur konfirmasi sebagai pemilik untuk verifikasi kepemilikan data sebagai pemilik outlet, sehingga informasi data sensitif dan akses fitur premium hanya dapat diakses oleh pemilik outlet," jelasnya.

Baca juga: Survei: Ada Pandemi, 24 Persen Pekerja Swasta Beralih Jadi Mitra GoFood

Dia berharap seluruh upaya inovasi teknologi yang dimiliki oleh Gojek dan melalui edukasi kompetensi keamanan digital yang konsisten bagi para mitra usaha, diharapkan bisa mendukung mitra dalam melindungi keamanan data pribadi dan data usaha yang dimiliki.

" Semua ini kami lakukan agar para mitra usaha dapat menjalankan bisnis dengan aman, dan mampu terus bertumbuh serta #MelajuBersamaGojek," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X