Pertamina dan Pemprov Kalteng Kerja Sama Penggunaan Aset Jalan 60 Km

Kompas.com - 28/08/2020, 12:42 WIB
Ilustrasi logo Pertamina. SHUTTERSTOCK/Joachim AffeldtIlustrasi logo Pertamina.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kabupaten Barito Timur dalam pendayagunaan aset perseroan.

Aset berupa jalan sepanjang 60 km dapat digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Aset tersebut berupa jalan dari Desa Bentot Kecamatan Petangkep Tutui sampai dengan Desa Telang Baru Kecamatan Paju Epat.

Kemudian, landing site berupa jalan di tepi sungai Patai Telang Baru, Kabupaten Barito Timur, Kalteng.

Baca juga: Penjualan Tumbuh, Pertamina Cetak Laba Rp 5,9 Triliun dalam 1 Bulan

Untuk pendayagunaan aset jalan tersebut, Pertamina bersama anak usahanya, Patra Jasa, akan menjalankan rencana program meliputi pengembangan infrastruktur jalan dan meningkatkan konektivitas antar daerah, sehingga dapat mempermudah transportasi komoditas terutama dari hasil tambang dan perkebunan.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya untuk KPK, dan Kajati untuk memberikan support yang luar biasa melakukan pengawalan untuk aset kita di Barito Timur. Diharapkan dengan kerja sama ini kita dapat mengembangkan infrastrukturnya dan menyerap banyak tenaga kerja” ujar Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina dalam keterangan tertulis, Jumat (28/8/2020).

Nicke menjelaskan, Kalimantan adalah wilayah strategis bagi Pertamina dan merupakan wilayah yang cakupan operasi dari hulu ke hilir sangat lengkap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: SKK Migas Desak Anak Usaha Pertamina Tingkatkan Produksi

"Di hulu kami memiliki aset seperti di Bunyu, Sanga-Sanga, Tarakan, dan Tanjung, lalu ada juga Mahakam yang menghasilkan gas terbesar. Kita juga memiliki kilang Balikpapan yang memberikan kontribusi 25 persen produksi BBM se-Indonesia, dan mensuplai BBM ke seluruh wilayah timur Indonesia," terangnya.

Pertamina juga sedang mengembangkan kilang dan menambah kapasitas dari 266.000 barrel per hari menjadi 366.000 barrel per hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.