BP Tapera Bakal Tambah Manajer Investasi

Kompas.com - 28/08/2020, 20:30 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Komisioner BP Tapera bidang Pemupukan Dana Tapera, Gatut Subadio mengatakan, pihaknya menunjuk 7 manajer investasi (MI) pada tahap awal untuk mengelola dana tabungan perumahan rakyat tersebut.

Namun saat dana Tapera terus bertambah, BP Tapera bakal menambah manajer investasi. Ia mengatakan, setiap MI memiliki batasan mengelola dana investasi di BP Tapera.

"Penunjukan manajer investasi ini kan sekarang misalnya 7. Kalau dana berkembang ada batasan suatu MI itu mengelola 20 persen dari dana kelola pada satu MI," katanya dalam webinar Optimalisasi Pengelolaan Dana Tapera di Tengah Penurunan Kepercayaan Sektor Keuangan, Jumat (28/8/2020).

Baca juga: Pemerintah Kaji Restrukturisasi 10 BUMN dengan Ekuitas Negatif

"Jika sudah melewati itu, kami berpikir untuk menunjuk MI lagi. Bisa saja penunjukan ini berkembang sesuai batasan-batasan berlaku," lanjut Gatut.

Gatut menjelaskan, dana di BP Tapera diperkirakan akan mencapai sebesar Rp 60 triliun usai peralihan likuidasi aset dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapertarum-PNS).

Oleh sebab itu, tak menutup kemungkinan manajer investasi yang akan mengelola dana BP Tapera bakal bertambah. Alasannya, untuk menghindari konsiderasi.

Dalam kesempatan yang sama, Chief Executive Officer (CEO) PT Mandiri Manajemen Investasi atau Mandiri Investasi Alvin Pattisahusiwa mengatakan, rencana BP Tapera melibatkan manajer investasi menjadi tambahan bisnis.

"Tentu saja dengan adanya BP Tapera ini menambah bisnis bagi manajer investasi. Karena kepercayaan yang diberikan kepada kami adalah amanah. Amanah harus betul-betul kami lakukan pengelolaan yang sesuai ajakan, batasan dan tujuan dari investasinya," ucapnya.

Baca juga: PMN untuk 5 BUMN Diperkirakan Cair September

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X