Luhut: Kita Jangan Terus Berada pada Ketakutan Covid-19

Kompas.com - 31/08/2020, 12:12 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan kuliah umum kepada ratusan perwira TNI, di Jakarta, Rabu (8/7/2020). Dokumentasi Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan kuliah umum kepada ratusan perwira TNI, di Jakarta, Rabu (8/7/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat bertransformasi dan lebih kuat menghadapi pandemi Covid-19.

"Kita jangan terus berada pada ketakutan Covid-19," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (30/8/2020).

Ia yakin, jika masyarakat bisa keluar dari rasa takut, pandemi Covid-19 justru akan mendorong lahirnya inovasi-inovasi baru sehingga bisa membuat Indonesia lebih kompetitif.

Baca juga: Pendapatan Turun Selama Pandemi? Simak Tips Mengelolanya

Menurut mantan Komandan Satgas Tempur Khusus Kopassus itu, ada tiga hal utama yang diperlukan, yaitu harus kompak bekerja sama, semangat inovasi dan wajib menjaga optimisme.

"Kita tidak ada pilihan selain kompak bekerja sama untuk menyelesaikan permasalahan di depan mata," kata dia.

Luhut yakin inovasi akan terus maju di tengah pandemi Covid-19. Apalagi kata dia, sudah banyak bantuan dari pemerintah kepada masyarakat yang terkena imbas pandemi. 

Oleh karena itu, ia menilai masyarakat wajib menjaga optimisme di tengah pandemi Covid-19.

"Dengan bekerja sama, kira mampu mendorong lebih dari 1,6 juta unit UMKM dan IKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital semenjak 14 Mei lalu. Angka ini sudah mencapai 83 persen dari target 2 juta sebagaimana arahan Presiden RI," kata dia.

Baca juga: Siap-siap, Subsidi Gaji Rp 600.000 Ditransfer ke 3 Juta Rekening Minggu Ini



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X